OUR NETWORK
Jumat, Januari 21, 2022

Bahasa Slang dalam Game

Abdul Fiqih
Abdul Fiqih, lahir di Bogor tanggal 02, juni 2000.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang ditetapkan tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945.

Sebelum bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional, bangsa Indonesia menggunakan bahasa daerah msaing-masing dalam berkomunikasi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kedudukan bahasa Indonesia semakin kuat di kalangan masyarakat. Penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat terbagi menjadi dua bentuk, yaitu bahasa baku dan tidak baku.

Bahasa baku merupakan bahasa yang sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang sudah di tetapkan sebelumnya, dan biasa digunakan dalam situasi formal atau resmi. Sedangkan, bahasa yang tidak baku adalah bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang sudah ditentukan, biasanya digunakan oleh para remaja yang sedang berbicara dengan yang seusianya.

Penggunaan bahasa tidak baku yang biasa digunakan oleh para remaja disebut dengan bahasa gaul atau bahasa slang. Bahasa slang muncul dan berkembang pengaruh lingkungan.

Bahasa slank terbentuk berdasarkan kesepakatan tidak langsung oleh para penggunanya. Misalnya saja yang paling banyak digunakan oleh para remaja adalah istilah yang muncul ketika mereka bermain game. Di zaman sekang tidak sedikit remaja, bahkan orang dewasa juga banyak yang bermain game. Banyak sekali istilah ketika bermain game digunakan ke dalam kegiatan sehari-hari.

Misalnya, kata “GG” yang merupakan kepanjangan dari “good game” yang memiliki arti: bagus, keren, atau segala sesuatu yang mengungkapkan suatu kekaguman, misalnya “tulisan lo masuk ke majalah? GG abis”.

Contoh tersebut merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam game ketika seseorang menunjukkan sebuah permainan yang bagus, namun biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk mengungkapkan suatu kekaguman. Contoh lain yang paling umum digunakan dalam bermain game adalah kata “noob” kata ini memiliki arti: cupu, payah, kata tersebut tidak hanya digunakan ketika sedang bermain game saja, tetapi juga biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Contoh “ah, masa masak nasi goreng aja gak bisa? Noob banget. Kata-kata tersebut sudah banya digunakan oleh remaja dalam kegiatan sehari-hari. Masih banyak istilah-istilah dalam bermain game yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Berikut istilah-istilah dalam bermain game yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari:

  • Auto: langsung, dijamin, pasti
  • Hode: Cowok yang menyamar jadi perempuan di medsos
  • By One: Ngadu satu lawan Satu
  • Savage: Nekat, berani
  • Ez: Easy, mudah, gampang
  • AFK: Away from keyboard, ninggalin, keluar

Bahasa slang digunakan karna bahasa yang mudah diterima dan dipahami oleh para remaja. Mereka sering menggunakan bahasa tersebut baik secara langsung ataupun tidak langsung. Seperti bahasa yang mereka gunakan di sosial media atau bahasa yang mereka gunakan saat chattingan dengan teman-teman remaja mereka itu merupakan penggunaan bahasa slang secara tidak langsung.

Banyak para remaja yang menggunakan bahasa slang dengan update-an mereka di media sosial. Banyak juga di antara mereka yang menggunakannya di kehidupan sehari-hari tanpa mereka sadari. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa slang sudah menjadi bahasanya anak remaja.

Dalam tuturan kita dapat  mengaitkan hal ini dengan komunitas tutur. Komunitas tutur adalah sebuah konsep dalam sosiolinguistik yang menggambarkan kelompok tertentu yang terdiri dari orang-orang yang menggunakan bahasa dengan cara yang unik dan saling diterima di antara mereka. Agar diterima menjadi bagian dari suatu komunitas tutur, seseorang harus memiliki kompetensi komunikatif.

Artinya, penutur memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa dengan cara yang tepat dalam situasi tertentu. Komunitas tutur bisa jadi merupakan anggota suatu profesi dengan jargon khusus, kelompok-kelompok sosial seperti siswa SMA atau para remaja yang suka bermain game, atau bahkan kelompok erat seperti keluarga dan karib.

Anggota komunitas tutur akan sering mengembangkan slang (bahasa gaul) atau jargon untuk melayani tujuan kelompok dan prioritas khusus. Dalam pengertian tersebut artinya remaja adalah sekumpulan orang yang bisa disebut kelompok yang memiliki bahasa yang mereka sepakati sebagai bahasa yang mudah mereka pahami untuk berinteraksi antar sesama remaja.

Abdul Fiqih
Abdul Fiqih, lahir di Bogor tanggal 02, juni 2000.
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.