Jumat, Juni 21, 2024

5 Syarat Sukses Jadi Food Vlogger!

Mukhtar Habib
Mukhtar Habib
Kelahiran Medan 07 Agustus 1989; Penulis Lepas; Conten creator; Anggota Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyiaran Narkotika (LRPPN).

Food Vlogger sekarang telah menjadi salah satu profesi yang banyak diminati. Pekerjaan ini hanya dapat dilakukan siapa saja bahkan semua kalangan dari ekonomi bawah sampai kelas atas. Tentu saja memiliki syarat yang harus kamu miliki agar berhasil .

Facebook, Youtube Instagram, TikTok, Snack Video salah satu situs berbagi video dengan mudah. Dengan Anda mengunggah konten Anda tidak jarang para Blogger mengahasilkam uang dalam sekejap.

Menurut laporan We Are Social pada 2022 lalu terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia. Hal ini memungkinkan bagi Food Vlogger untuk membuat karya kontennya. Selagi masih bisa berkarya, mumpung belum kiamat!

Jika kamu berniat menjadi seorang Food Vlogger berikut syarat yang harus dipenuhi berdasarkan penilaian penulis melihat Vlogger Indonesia di antaranya :

1. Punya Selera Makan Tinggi

Selera makan yang tinggi sepertinya menjadi keharusan, soalnya seorang Vlogger yang akan memberikan informasi tentang makanan. Ini sangat berpengaruh terhadap karya dan penonton Anda, dengan selera makan tinggi Anda dapat memberikan testimoni terhadap makanan kepada penonton. Bagaimana jika Anda tidak memiliki selera yang tinggi?

Bukan jadi masalah jika Anda tidak memiliki minat sebagai Food Vlogger solusinya anda perlu mencari sosok yang sesuai dengan kriteria minat makannya tinggi, bisa saja keluarga, saudara dan teman dekat Anda.

Bukan berarti Anda harus menyerah dalam syarat ini. Banyak kok, Vlogger menjadikan orang lain sebagai ikon dalam videonya.

2. Tidak Pemalu

Pemalu bukanlah suatu karakter yang buruk, akan tetapi tidak untuk jadi seorang Vlogger. Harusnya Vlogger memilih untuk tidak malu terhadap vlog yang Anda tayangkan nantinya. Dengan percaya diri Anda akan mengundang banyak perhatian untuk tontonan yang disajikan. Malu memang sebagian dari iman. Tapi di atas dapat membuat Anda gagal sebagai Food Vlogger.

3. Kreatif

Anda harus banyak membumbui konten dengan kreativitas. Dengan berbeda dari Vlogger pada umumnya, Anda bisa dilirik perlahan-lahan dengan menyajikan sesuatu hal yang unik, aneh atau disajikan dalam edukasi. Banyak ide cemerlang yang bisa kita lakukan. Biasanya kreativitas timbul jika kita sudah memulainya.

Sebagai contoh kreativitas seorang Food Vlogger yang memasak bahkan memakan makanan yang aneh seperti halnya di Akun Bobon Santoso. Untuk mendapat perhatian penontonnya Bobon menyajikan konten ‘Seblak Ceker Komodo’, Gila bukan! Ide cemerlang yang direncanakan Bobon mampu membuat orang suka ataupun tidak suka. Saya yakin pelan-pelan kelanjutannya akhirnya banyak juga yang menyukai aksinya yang gila.

4. Jujur Tentang Cita rasa

Peran seorang vlogger salah satunya menceritakan tentang cita rasa makanan.Anda harus berkata jujur terhadap rasa tanpa mengurangi etika Anda.Dalam definisi disini Anda wajib memberikan analisa walaupun makanan tersebut ‘Super pedas’, ‘Super Manis’, dan sebagainya. Jika tidak ingin mengungkapkan cita rasa yang menurut Anda tidak etis untuk disampaikan ada baiknya Anda memanipulasinya dengan teks bukan dengan lisan.

Kejujuran penilaian sangat dibutuhkan termasuk syarat keberhasilan. Kebanyakan orang akan menyukainya. Salah satu contoh Stand Up Commedy adalah panggung kejujuran meskipun disajikan dengan canda, tapi kita harus mengakui bahwa panggung itu berhasil menyampaikan isi kejujuran sekalipun itu ada kata-kata sindiran pedas.

Jujur adalah suatu sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar-benarnya tidak berbohong atau fakta.

5. Mengetahui Minat Orang Banyak

Minat Food Vlogger mungkin awalnya gampang- gampang susah, tetapi jika seseorang sudah merasakan banyaknya yang melihat anda pasti akan ketagihan untuk melanjutkannya. padahal mungkin Anda kurang berminat. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba sekali!

Setelah Anda mulai mencobanya lakukan survei sederhana dari tanggapan orang-orang terdekat Anda atau bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun. Hal ini sebagai kata kunci Anda untuk berkembang sama halnya dengan Anda melakukan pencarian mesin google. Banyak yang dapat Anda lakukan dengan pembuatan kuesioner atau metode tanya jawab guna mengetahui jumlah terbanyak, atau hanya mengamati apa yang berkembang saat ini di era globalisasi.

Dengan mengetahui minat yang akan Anda jadikan vlog, ini sangat menentukan keberhasilan untuk menghipnotis penonton.Misalnya jika hari ini yang sedang tren adalah ketupat, alangkah baiknya anda menginput seputar ketupat atau yang berhubungan dengan ketupat. Disini Anda cukup mengkombinasikan beberapa syarat tadi dengan versi Anda.

Setelah Anda mulai mencobanya Sebagai sebuah bidang statistik terapan dari survei penelitian manusia, metodologi survei mempelajari pengambilan sampel unit individu dari suatu populasi dan teknik terkait pengumpulan data survei, seperti pembuatan kuesioner dan metode untuk meningkatkan jumlah dan akurasi tanggapan dalam survei. Metodologi survei mencakup instrumen atau prosedur yang mengajukan satu atau lebih pertanyaan yang mungkin atau mungkin tidak dijawab.

Kelima itulah yang perlu Anda miliki sebagai Food Vlogger. Sebagai contoh Richard Erfandy (Evan) ketika memulai channel Hobby Makan bersama sang istri (Tiwi) pada 2017. Evan termasuk Food Vlogger yang berhasil melalui akunnya Hobby Makan meskipun hanya berbekal kamera ponsel untuk merekam aktivitas menikmati jajanan pinggir jalan. Kini seorang Food Vlogger ini telah memiliki 6,12 juta subscriber dan 1448 video. Vlogger ini ternyata tidak hanya menghasilkan uang dengan konten melainkan secara bersamaan mengangkat sebagai Food Vlogger yang banyak pengunjungnya.

Mukhtar Habib
Mukhtar Habib
Kelahiran Medan 07 Agustus 1989; Penulis Lepas; Conten creator; Anggota Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyiaran Narkotika (LRPPN).
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.