OUR NETWORK
Selasa, Oktober 4, 2022

Program PPL Komunitas Psikologi UIN

Batrisya Sania Firzana
Mahasiswa Psikologi UIN Walisongo Semarang

PPL Komunitas Prodi Psikologi UIN Walisongo, kelompok 12 angkatan 2019, berkolaborasi dengan Komunitas Kejar Mimpi Semarang mengadakan suatu kegiatan yang bernama “Goes To School”  (GTS) yang diselenggarakan secara offline dan bertempat  di SMA Negeri 14 Semarang. Kegiatan tersebut mengusung tema“ Pemimpin yang Berkarakter, Berbagi, dan Menginspirasi”, yang turut disponsori oleh CIMB Niaga. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, dari jam 07.45 hingga jam 11.50 WIB, (18/07/2022).

Goes To School merupakan kegiatan kunjungan ke sekolah yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat untuk mengejar mimpi kepada para siswa. Pada kegiatan yang diadakan di SMA Negeri 14 Semarang  ini kami juga berbagi ilmu tentang leadership dan self leadership,dengan jumlah 56 peserta. Yang mana pesertanya adalah organisasi OSIS, dan MPK (Majelis Perwakilan Kelas).

Acara dibuka dengan sambutan dari Dra. Lukita Yuniat,i M.Kom. selaku Kepala Sekolah di SMA Negeri 14 Semarang.  Pada sambutan tersebut beliau menyampaikan sebuah kutipan kepada para siswa yakni “sebelum kita memimpin orang lain, kita harus bisa memimpin diri kita sendiri”.

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Jauhar Indriani Novita, selaku ketua dari komunitas kejar mimpi Semarang. Dimana beliau menyampaikan bahwa setiap orang pasti punya mimpi, dan untuk mencapai mimpi tersebut, kita butuh keberanian.

Selanjutnya pada kegiatan ini juga terdapat penyampaian terkait Adiwiyata, yang disampaikan oleh Suspeni, S.Pd  selaku Waka Humas di SMA 14 Semarang. Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup. Bagi sekolah yang melaksanakan akan mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari pemerintah. SMA Negeri 14 Semarang ini merupakan Sekolah Adiwiyata Mandiri, yang saat ini satu-satunya di kota Semarang.

Pada kegiatan GTS ini juga menghadirkan pembicara yang tidak kalah luar biasa yakni Rahmatyah Nurfiana yang membahas terkait “Leadership” dan Tiara Rofiqotun Aulia yang membahas “self leadership” , yang mana keduanya juga merupakan anggota PPL Komunitas Prodi Psikologi kelompok 12.

Rahmatyah menyampaikan bahwa “pemimpin dengan kepemimpinan itu berbeda, karena pemimpin adalah orang yang memimpin, sedangkan kepemimpinan merupakan cara seorang pemimpin dalam memimpin” . kemudian beliau juag menyampaikan bahwa “setiap pemimpin akan memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda beda”.

Tiara sebagai pemateri yang membahas terkait self leadership menyampaikan bahwa “pemimpin bukan hanya mereka yang memiliki anggota atau pengikut, tapi kita juga merupakan seorang pemimpin bagi diri kita sendiri”.

Beliau juga menyampaikan salah satu strategi untuk mencapai self leadership yang tepat yakni dengan “strategi fokus perilaku yang bertujuan untuk mengelola diri sendiri dengan tujuan meningkatkan kesadaran diri dan disiplin diri guna mengarahkan perilaku untuk melaksanakan tugas yang wajib dilakukan sekalipun tugas tersebut tidak kita sukai dan tidak menyenangkan”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Selanjutnya yakni pemberian tanda kasih dari PPL Komunitas Prodi Psikologi UIN Walisongo dan Komunitas Kejar Mimpi Semarang kepada SMA Negeri 14 Semarang yang diterima oleh Rina Lukita Sari, S.Pd. selaku waka bidang kesiswaan SMAN 14 Semarang.

Besarnya semangat para peserta, ditambah dengan adanya sesi games yang seru, dan reward-reward yang sudah disiapkan membuat acara menjadi heboh dan meriah. Selain itu penyelenggara menyiapkan spidol, dan sticky note untuk para siswa menuliskan mimpi-mimpi mereka. Dan menyiapkan pohon mimpi untuk menempel sticky note yang sudah berisi mimpi para siswa.

Diakhir sesi kegiatan terdapat pengumuman pemenang feedback kegiatan yang di up di story instagram, bagi pemenang akan mendapatkan e-money dari komunitas kejar mimpi Semarang. Kemudian ditutup dengan dokumentasi poto bersama.

Batrisya Sania Firzana
Mahasiswa Psikologi UIN Walisongo Semarang
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.