Kamis, November 30, 2023

Pendidikan yang Merata Demi Masa Depan yang Tertata

Titin Sriyani
Titin Sriyani
Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Mengenyam pendidikan adalah hak setiap manusia, mendapatkan pendidikan yang layak dan terjamin juga merupakan hak setiap warga masyarakat dimanapun berada. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas, tentu harus memperhatikan dari segi aspek pendidikan yang didapatkan baik secara formal maupun infomal.

Tapi nyatanya, tidak semua orang bisa mengenyam bangku pendidikan, tanpa terkecuali di Indonesia sendiri masih banyak anak-anak yang putus sekolah atau bahkan belum pernah mendapatkan akses pendidikan sama sekali.

Meski program pendidikan telah dilakukan agar bisa tersebar dengan merata, nyatanya setiap program dan wilayah punya kendala tersendiri yang pastinya hal tersebut membuat program pendidikan yang  akan dilakukan menjadi kurang maksimal dan tidak efisien. Disisi lain, kurangnya proporsi dari segi tenaga pendidik juga menjadi celah yang menjadikan program tidak berjalan semestinya.

Seperti yang kita tahu, akses pendidikan harus bisa didapatkan oleh siapapun tanpa terkecuali sebab hal tersebut merupakan hak yang tidak boleh terabaikan begitu saja.

Terlepas dari adanya kendala, proporsi tenaga pendidik yang kurang, pendidikan yang merata penting adanya demi masa depan yang bisa tertata dengan baik. Agar tidak ada kesenjangan yang terlalu jauh, setidaknya mendapatkan pendidikan yang terjamin bisa menjadi awal untuk lebih mengenal dunia dengan luas.

Upaya dalam memeratakan pendidikan bukan hanya semata-mata untuk memberikan akses pendidikan saja, akan tetapi untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia yang mana nantinya memiliki korelasi terhadap upaya meningkatkan pembangunan ekonomi.

Dilansir dari Website Kemdikbud yang dirilis pada September 2023 lalu perihal Rapor Pendidikan Indonesia Dorong Perbaikan dan Pemerataan Pendidikan, tertera bahwa Pendidikan merupakan tanggung jawab semua pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, guru, orangtua dan bahkan seluruh komunitas memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Pembangunan SDM melalui pendidikan harus lebih di gencarkan lagi karena masa depan belum tentu bisa tertata tanpa adanya pengetahuan yang luas dalam memahami sesuatu agar kelak tidak salah membuat pilihan. Peran generasi ke generasi sangat penting dalam menentukan nasib bangsa dari masa ke masa.

Maka dari itu setiap lapisan masyarakat perlu memberikan akses yang sebesar-besarnya terhadap dunia pendidikan Indonesia karena setiap manusia memiliki kesempatan dan partisipasi yang sama terutama dalam Pendidikan agar kelak di masa depan bisa ikut andil membangun bangsa dan Negara.

Titin Sriyani
Titin Sriyani
Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Facebook Comment
- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.