OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022
Sabtu, Juni 25, 2022
Geomedia - JFK 2022

Manfaat dan Fungsi Artificial Intelligence dalam Kehidupan

Fahri Rahman
Perkenalkan, nama saya fahri rahman, umur saya 20 tahun, saya berkuliah di universitas pamulang dan saya mengambil jurusan teknik informatika.

AI sebenarnya sudah dikenal sejak lama, namun baru mulai dikembangkan secara nyata pada pertengahan abad 20. Pada tahun 1956, ilmuwan bidang komputer, John McCarthy mendefinisikan Artificial Intelligence sebagai aktivitas yang dilakukan manusia untuk membuat sebuah teknologi agar memiliki fungsi dan perilaku seperti halnya manusia.

Selain itu AI merupakan sistem kecerdasan buatan yang ditanamkan kedalam suatu teknologi, untuk mengerjakan berbagai tugas dan memecahkan masalah, sehingga menghasilkan solusi yang lebih kompleks dan variatif.

Kartika Handayani selaku Ketua BSI Innovation Center (BIC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengungkapkan bahwa: manfaat AI saat ini telah diimplentasikan di berbagai sektor seperti bisnis, industri, pabrik, hiburan, pendidikan hingga kesehatan.

Manfaat dan Kelebihan dari penggunaan AI pada setiap kegiatan manusia:

1. Optimalisasi Pekerjaan

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence- AI) dapat mengoptimalkan pekerjaan yang berulang-ulang dan memakan waktu banyak menjadi lebih singkat, cepat dan mudah.

2. Meminimalisir Kesalahan

AI mampu bekerja dengan tingkat keakuratan dan konsistensi yang tinggi. Tentunya, hal ini dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan manusia atau human error. AI juga dapat dimanfaatkan untuk mempelajari data dalam jumlah besar, sehingga mampu memberikan keputusan terbaik. Oleh sebab itu, AI disimpulkan dapat meminimalisir kerugian.

3. Menghemat SDM

AI mampu meminimalisir peran manusia dalam berbagai bidang pekerjaan. Hal ini dikarenakan AI mengambil alih tugas-tugas, sehingga berdampak pada reduksi jumlah tenaga kerja.

4. Andalan di Dunia Kesehatan

AI dan dunia kesehatan merupakan pasangan yang serasi. Penerapan AI dalam dunia kesehatan dapat meningkatkan kesehatan pasien dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.

5. Menunjang Proses Pembelajaran

Salah satu manfaat AI yang paling dirasakan dalam dunia pendidikan yakni bisa menunjang proses pembelajaran. Contohnya saja penerapan mentor virtual atau voice assistant seperti blackboard, Google Assistant, Siri, Cortana dan lainnya. Lewat Voice Asisstant, para murid bisa mencari materi, artikel, buku, hanya dengan menyebutkan kata kuncinya saja.

 

Fahri Rahman
Perkenalkan, nama saya fahri rahman, umur saya 20 tahun, saya berkuliah di universitas pamulang dan saya mengambil jurusan teknik informatika.
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.