OUR NETWORK
Sabtu, Oktober 1, 2022

Membaca Tren Teknologi Merevolusi Industri Kargo Udara

Kontestasi Naratif Elite Politik

Tonggak Kebangkitan Kereta Api Indonesia

Kreativitas Meningkatkan Kualitas

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).

Lalu lintas kargo udara dunia menurut International Air Transport Association (IATA)  pasca industry restart dari pandemi Covid-19 diperkirakan akan meningkat secara dinamis, dengan tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 4% dalam 20 tahun ke depan. Dalam hal itu, angkutan udara diproyeksikan tumbuh pada tingkat 4,3% per tahun sementara pos udara akan tumbuh rata-rata 2%.

Pasar kargo udara sedang dan akan secara signifikan dirangsang oleh ledakan e-commerce, dengan perkiraan ukuran pasarnya meningkat 20% per tahun selama lima tahun ke depan, menjadi sekitar $ US 5 triliun pada tahun 2021. Lebih banyak komoditas khusus, lebih sedikit surat, lebih banyak parsel, lebih banyak periode permintaan tinggi yang menggambarkan pergeseran jenis dan volume barang yang ditangani melalui fasilitas kargo.

Angkutan surat menurun dari 340 menjadi 328 miliar secara global, sedangkan jumlah paket pos tumbuh dari 6,7 menjadi 7,4 miliar. Pengirim, pengirim barang, dan penyedia logistik semakin menuntut atau mengharapkan keunggulan, kesederhanaan, keterlacakan, transparansi, dan kecepatan.

Regulasi yang berdampak pada kargo udara akan terus mutakhir dan idealnya regulasi tersebut akan semakin cerdas, seimbang, dan lebih didorong oleh data.

Kargo udara akan terus berkembang, fasilitas kargo harus mengimbangi pandangan ekonomi bisnis, meningkatnya harapan pelanggan, dan pemutakhiran regulasi dalam mendefinisikan ulang penanganan, penyimpanan, dan distribusi barang yang diangkut melalui udara yang secara konsekuen berdampak pada fasilitas kargo. Oleh karena itu, perubahan diperlukan dalam model bisnis, desain arsitektur dan proses, teknologi yang diterapkan, dan keahlian tenaga kerja.

Gudang dengan fasilitas yang sepenuhnya otomatis, kendaraan otomatis dan ramah lingkungan yang menavigasi secara mandiri melalui fasilitas yang modern, karyawan yang dilengkapi dengan alat, termasuk Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR), memberdayakan bisnis menjadi lebih efisien dimana generasi berikutnya dari bisnis kargo udara yang ditingkatkan teknologi fasilitasnya akan meningkatkan produktivitas, efisiensi operasional dan meningkatkan daya tanggap kepada pelanggan.

Fasilitas kargo masa depan akan aman dan terjamin, hijau, otomatis, terhubung, dan cerdas. Ini akan memastikan fasilitas kargo di masa depan sesuai untuk tujuan dalam ukuran, lokasi dan untuk orang-orang yang menggunakannya.

Keselamatan dan Keamanan

Kargo akan dilayani di hulu dengan kombinasi teknologi dan data yang digunakan untuk mengonfirmasi status keselamatan dan keamanan selama proses hingga dan di dalam fasilitas. Bila perlu, kontrol ekstra akan ditandai dan direncanakan secara khusus.

Peralatan screening dilokasi akan dirancang khusus untuk kargo udara dan diintegrasikan ke dalam proses, sehingga tidak diperlukan langkah atau titik sentuh tambahan. Informasi yang diperoleh dari screening akan digunakan untuk secara otomatis memvalidasi data pemesanan yang tersedia dan memindai dokumentasi pengiriman untuk memastikan kesesuaian kargo.

Screening molekuler akan mampu memproses semua komoditas termasuk baterai lithium, hewan hidup dan obat-obatan dan akan melakukan beberapa tindakan seperti screening keamanan, identifikasi komoditas khusus, pemeriksaan keamanan dalam proses yang cepat dan ramping. Ini akan memungkinkan identifikasi integritas obat, potensi serta identifikasi spesies hewan hidup tetapi juga deteksi bahan terlarang seperti artefak gading ilegal di titik penghubung dalam rantai pasokan.

Teknologi Hijau

Penatagunaan lingkungan akan sama pentingnya dengan keselamatan dan keamanan. Dengan kebijakan, strategi, dan praktik terbaik bersama yang tepat, fasilitas kargo akan berkontribusi pada target pengurangan dampak lingkungan penerbangan secara keseluruhan, seperti pertumbuhan karbon netral pada tahun 2020 dan mengurangi separuh emisi bersih pada tahun 2050 berdasarkan tingkat tahun 2005.

Emisi akan dikurangi melalui modernisasi armada progresif, penggunaan alternatif emisi nol atau rendah seperti kendaraan listrik dan panel surya, dan efisiensi operasional. Penggunaan air dan lahan akan dioptimalkan, sampah akan dikelola secara efisien melalui hierarki sampah “reduce, reuse, recycle”. Jika memungkinkan, penggunaan air minum akan diganti dengan air dari sumber lain termasuk air hujan dari atap dan aspal, air limbah yang telah diolah, dan air pendingin daur ulang.

Fasilitas hijau akan melindungi pemiliknya dari kenaikan harga energi tradisional dan pajak/ denda emisi karbon, yang menghasilkan pengurangan biaya secara keseluruhan.

Plastik sekali pakai, seperti pembungkus plastik, penutup pelindung akan diganti dengan alternatif yang sesuai yang penilaian dampak totalnya menurunkan jejak sambil mempertahankan efisiensi.

Otomatisasi

Otomatisasi akan dibawa pada level baru dengan kendaraan otonom, sistem robot dan drone, memungkinkan operasi untuk mencapai lebih banyak setiap hari. Produktivitas, presisi, dan kualitas akan ditingkatkan, pemborosan proses dihilangkan, dan kecepatan ditingkatkan.

Peralatan penanganan material otonom akan menimbang, meredup, mengambil foto penerimaan dan secara otomatis memindahkan kargo ke lokasi berikutnya. Drone akan mengelola penyortiran otomatis dan manajemen inventaris.

Pembuatan dan pembongkaran kargo otomatis akan dilakukan oleh sistem robot. Robot juga akan menghilangkan tugas manusia yang berbahaya, berulang, atau membosankan, seperti menangani tumpahan racun, menangani kargo yang terlalu besar atau sangat rapuh.

Mengganti fungsi rak penyimpanan (penyangga) dengan perangkat pengangkat otomatis (automated lift), atau perangkat Automated Storage / Retrieval Storage (AS/RS) memungkinkan rak menjadi lebih dekat, serta membebaskan waktu bagi personel untuk melanjutkan tugas yang masih dilakukan oleh manusia.

Robot kemudian bekerja sama dengan manusia, tidak hanya untuk membantu robot mempelajari tugas, tetapi juga untuk melengkapi di mana robot kurang efisien dan sebaliknya. Manfaat tambahannya adalah kemampuan untuk mengurangi jejak horizontal melalui peningkatan efisiensi ini. Augmented Reality akan mengurangi kesalahan, meningkatkan waktu pemrosesan, meningkatkan kepuasan pengguna/pekerja dan mengurangi beban pelatihan dan penilaian kompetensi yang berkelanjutan.

Keterhubungan

Mengidentifikasi, melacak, memantau, berinteraksi dengan segalanya, semua orang, dan di mana pun di gudang akan dimungkinkan dengan penggunaan perangkat seluler dan terhubung, sensor, dan pencatat data yang dikombinasikan dengan Internet of Things. Sensor akan menangkap dan menampilkan informasi transportasi dan penanganan serta dokumentasi elektronik yang diperlukan.

Status aset, komoditas, persil, kondisi lingkungan, lokasi, dan orang akan dipantau sepanjang perjalanan dan tersedia secara real-time untuk semua sistem yang diperlukan dan staf penanganan melalui perangkat AR. Bisnis kargo ini akan semakin interaktif.

Kecerdasan Buatan

Data yang dikumpulkan dari sensor, dokumen elektronik, maupun metode screening akan diproses dan dikonsumsi oleh sistem berbasis AI, menyediakan alat untuk memberdayakan pekerja manusia agar lebih efisien. Hasil analisis AI kemudian akan diumpankan kembali ke sistem manajemen gudang untuk mengoptimalkan operasi fasilitas dan pemanfaatan aset secara keseluruhan untuk kenyamanan manusia dan efisiensi energi.

Internet of Cargo di fasilitas akan berkontribusi pada optimalisasi proses internal, prediktabilitas yang lebih baik dari kebutuhan perawatan untuk peralatan penanganan dan peningkatan kesehatan dan keselamatan karyawan; keseluruhan menghasilkan pengurangan biaya.

Dengan fasilitas yang terhubung dan cerdas, pelanggan akan lebih terlibat, menerima transparansi yang lebih besar pada layanan yang ditawarkan, mendapat manfaat dari ketertelusuran lengkap dan akan berinteraksi secara real-time bila diperlukan. Ini pada akhirnya akan membantu meningkatkan kepuasan mereka secara keseluruhan.

Pembelajaran mendalam juga dapat digunakan untuk melatih sistem AI dan AR gabungan untuk mengenali skenario atau operasi yang lebih kompleks. Tampilan muatan khusus yang akan dikirim, misalnya, dapat menyarankan pendekatan pengamanan kepada staf, dengan instruksi, pengujian, dan toleransi pelayanan yang ditetapkan.

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.