Sabtu, Mei 18, 2024

Kurangnya Implementasi Nilai-nilai Pancasila Generasi Gen Z

Muhammad Ikhwan Al Ghifari
Muhammad Ikhwan Al Ghifari
Mahasiswa D4 Relasi Industri Politeknik Ketenagakerjaan

Gen z merupakan generasi yang lahir pada pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Generasi ini tumbuh dikalangan teknologi yang canggih serta internet yang meluas. Gen Z mempunyai hasrat yang besar dalam memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Populasi penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z, dengan jumlah 68,66 juta jiwa. Dimana, Indonesia memiliki para penerus bangsa yang melek akan teknologi dan sadar akan isu-isu yang beredar seperti sosial, politik, dan lingkungan. Hal tersebut harus diseimbangi dengan mengamalkan nilai-nilai pancasila.

Belakangan ini, banyak terjadi peristiwa yang melanggar nilai-nilai pancasila. Seperti pelecehan seksual, tawuran, pembullyan, serta penganiayaan. Hal tersebut sering terjadi pada anak zaman sekarang, baik itu ia menjadi korban mauapun sebagai pelaku kejahatan. Dikarenakan anak muda zaman sekarang hanya mengetahui sila-sila pancasila, tanpa memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Dimana seharusnya generasi Z atau anak muda zaman sekarang akan menjadi penerus bangsa yang memiliki etika, dan akhlak yang baik. Kini malah melakukan hal yang bertenatangan dengan nilai-nilai pancasila. Jika anak muda zaman sekarang tidak menanmkan nilai-nilai pancasila, siapa lagi yang akan meneruskan bangsa ini. Karena pancasila yang kita ketahui sebagai ideologi bangsa ini, jika ideologi saja tidak diterapkan atau tidak dijalankan tidak benar akan hancur bangsa ini.

Kurangnya implementasi nilai-nilai pancasila dikalangan remja, disebabkan karena pesatnya globalisasi. Dengan pesatnya globalisasi dan pahamnya teknologi tanpa diikuti dengan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, akan mudah anakan muda mendapatkan informasi dari selurh penjuru dunia baik itu baik ataupun buruk. Dan globalisasi juga dapat menyebabkan terjadinya akulturasi, meniru, dan saling mempengaruhi budaya masing-masing. Jika, anak muda tidak menanamkan nilai-nilai pancasila dalam dirinya, mereka akan terjerumus ke dalam hal tersebut.

Untuk mengimplementasikan nilai pancasila harus kita mulai dari kita sendiri, dan dukungan dari lingkungan serta dorongan dari orang-orang terdekat kita. Kita bisa memulainya dengan hal yang kecil terlebih dahulu, seperti membuang sampah pada tempatnya, mengikuti kegiatan positif, meningkatkan keagamaan, dan tidak membeda-bedakan teman.

Karena, lingkungan dan dorongan atau motivasi dari orang terdekat merupakan kunci dari seseorang akan melakukan suatu perbuatan dan tanamkan nilai-nilai pancasila sejak dini. Oleh karena itu, dengan anak muda yang menanamkan nilai-nilai pancasila dalam hidupnya, maka bangsa ini akan menjadi bangsa yang maju karena , pancasila dapat menjadi landasan bagi generasi zaman sekarang.

Muhammad Ikhwan Al Ghifari
Muhammad Ikhwan Al Ghifari
Mahasiswa D4 Relasi Industri Politeknik Ketenagakerjaan
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.