OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Sabtu, Desember 10, 2022
From Korea With Love Concert

Ketika Mahasiswa HI UMY Menyapa Dunia

Afif Fadhli
dont think and just do it
From Korea With Love Concert

Pada akhir bulan Oktober tahun 2022, Yayasan Inisiatif Pemuda Pena menyelenggarakan program menyapa dunia #2 di Malaysia dan Thailand.

Program Menyapa Dunia merupakan salah satu agenda besar Pemuda Indonesia Menyapa yang menjadi sarana bagi pemuda Indonesia dalam melakukan pengabdian masyarakat, peduli pendidikan, dan pertukaran budaya di luar negeri.

Progam menyapa dunia ini diikuti oleh 27 pemuda yang berasal dari penjuru daerah Indonesia. Sembilan di antaranya merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kesembilan mahasiswa tersebut ialah, Muhammad Afif Fadhli Az Zamzami, Ilham Fauzian, Alif Islam Asshidiq, Fadly Hafizh, Izzulhaq Muhammad Tsaqif, Muhammad Qum Isfahan, Muhammad Daniel Haqie, Iqbal Hamonagan Siregar, Muhammad Nurwansyah Bambela.

Beberapa program yang kami lakukan selama lima hari kegiatan, seperti kunjungan Sanggar Bimbingan Permai Penang, Universiti Sains Malaysia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, Malaysia, tempat bersejarah di Malaysia dan Thailand.

Muhammad Qum Isfahan, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, bersyukur bisa mengikuti kegiatan Inisiatif Pemuda Pena. Banyak hal yang tidak bisa ia ungkapkan dengan kata-kata karena sangat asyik dan serunya acara tersebut, pengalaman yang tidak bisa dilupakan sama sekali begitu pula dengan kesan keluar negeri pertama yang cukup emosional dan memorable.

Isfahan menyayangkan acara yang singkat ini cepat berlalu, sepertinya ia ingin menetap dan mengikuti kegiatan ini lagi. Acaranya cukup membekas ke dalam hati. Kegiatan ini bisa menambah jangkauan teman dari Sabang sampai Merauke.

“Kegiatan ini bisa mengembangkan bahasa saya secara internasional selaku anak hubungan internasional yang wajib keluar negeri. kegiatan yang diadakan selama lima hari dan diringkas dengan kegiatan jadwal yang padat membuat hal ini sangat sangat berkesan dan tidak ingin saya lupakan. Apalagi ini adalah first journey saya ke luar negeri yang benar-benar memorable. Rasa kebersamaan yang tertanam saya dapatkan ketika 5 hari berada di luar negeri bersama teman teman inisiatif pemuda pena, terimakasih Yayasan Inisiatif Pemuda Pena,” ungkapnya.

Afif, mahasiswa asal Klaten sangat antusias sekali dalam mengikuti Program Menyapa Dunia. Menurutnya, kunjungan ilmiah ke University Sains of Malaysia (USM) merupakan salah satu program yang sangat mengedukasi. Diawali dengan sambutan oleh pihak International Mobility and Collaboration Centre (IMCC) dan sharing season untuk mengetahui lebih dalam bagaimana dinamika perkuliahan di USM. Kemudian dilanjutkan dengan sharing season oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) USM, saling bertukar pikiran bagaimana pengalaman kuliah diluar negeri dan dalam negeri. Yang terpenting juga membahas bagaimana trik meraih beasiswa kuliah diluar negeri.

“Saya berpesan kepada seluruh anak bangsa terutama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakrta agar selalu berdoa dan bekerja keras, karena impian dan cita-cita itu harus dikejar. kunjungilah seluruh negara didunia, maka kamu akan tahu betapa luasnya dunia ini,” pungkasnya.

Afif Fadhli
dont think and just do it
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.