OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Sabtu, Desember 10, 2022
From Korea With Love Concert

Covid-19 dan Simulasi Menuju Era Society

Elvira Oktavia
Mahasiswa semester 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tamansiswa Padang
From Korea With Love Concert

Sudah beberapa bulan semenjak semua kegiatan tidak adalagi pembatasan, semuanya kembali seperti biasa. Jika dahulu segala kegiatan selalu dibatasi tidak boleh keluar rumah, selalu memakai masker hingga menjauhi kerumunan. Apakah anda menyadari dampak dari hal tersebut?

Ya mulai diterapkannya pembelajaran secara daring, terbiasanya anak-anak dengan pembelajaran melalui media digital serta segala hal kini sudah beralih menuju digital. Tahu kah anda sekarang banyak pedagang yang sudah mengeluh perihal pasar yang sepi, pasalnya semua dari pedagang pasar sudah beralih pada digital marketing.

Berjualan secara online ternyata tidak seburuk itu, sebab banyak diantara mereka yang berjualan secara online juga mendapatkan bonus dari penjualan online, misal bonus di tiktok; bonus live, pencairan gift dan lain-lain. Memang tidak buruk sebab dapat terciptanya lapangan kerja baru. Namun ini perlahan mengikis kebiasan berbelanja secara tradisional.

Perlahan tapi pasti semua tenaga manusia akan digantikan menjadi tenaga robot. Beberapa sudah mulai namun secara tidak langsung kita sadari mesin-mesin pembajak sawah, mesin penggiling padi dan guru yang di gantikan oleh pembelajaran daring. Pada akhirnya manusia akan sangat dimanjakan.

Berikut beberapa daftar pekerjaan yang digantikan oleh mesin, dikutip dari Computerhope, Kamis (14/10/2021):

1. Perakitan dan Pekerja Pabrik

Hampir semua pekerjaan manufaktur besar menggunakan robot untuk membuat jutaan produk yang berbeda. Komputer bahkan sudah dapatmerakit mobil dan produk lain.

Banyak robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics bisa diprogram oleh siapapun. Pekerjaan ini tak perlu lagi memerlukan teknisi terampil untuk memprogram robot agar melakukan tugasnya.

2. Supir Bis, Taksi dan Truk

Belakangan ini mobil otonom sedang banyak jadi bahan pembicaraan. Mungkin tak butuh lama untuk kendaraan itu menjadi kenyataan dan banyak digunakan di jalanan.

Ini juga membuat banyak potensi kehilangan pekerjaan. Misalnya menggantikan pengemudi bus, truk atau pekerjaan transportasi lain.

Bahkan ada solusi untuk kendaraan berat yang dioperasikan secara otonom. Misalnya buldozer, pengeboran dan pengangkutan di pertambangan atau konstruksi.

3. Operator telepon, telemarketer dan resepsionis

Dengan teknologi voice recognition menjadi lebih canggih lagi, akan lebih mudah untuk perusahaan menggantikan peran orang dalam pekerjaan operator atau telemarketer.

4. Kasir

Sejumlah toko saat ini sudah menerapkan self-checkout. Dimana tidak ada orang yang bertugas sebagai kasir, namun pengecekan dan pembayaran barang yang dibeli dilakukan oleh pembeli sendiri.

Mungkin masih akan ada orang yang melakukan pengawasan operasional mesin kasir. Namun ini akan menggantikan pekerjaan yang dulunya membutuhkan beberapa orang.

5. Teller dan Pegawai Bank

Mungkin sampai sekarang ada beberapa kegiatan yang mengharuskan kita ke bank. Di sana nasabah akan dilayani pegawai bank termasuk teller.

Mereka akan melayani untuk nasabah dapat melakukan setoran atau menarik uang.

Namun dengan kemajuan teknologi, transaksi keuangan bahkan dengan pengembangan uang digital seperti Bitcoin membuat nasabah bisa bertransaksi dari gadget tanpa perlu datang ke kantor bank lagi.

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan, dan Gudang

Robot dapat ditugaskan melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan manusia untuk mengepak atau memindahkan barang. Amazin sudah menugaskan robot.

7. Pekerja Farmasi

Ada sejumlah apotek yang menggantikan teknisi farmasinya dengan robot untuk memisahkan dan menangani resep pelanggannya. Robot akan membantu mencegah kesalahan dan membutuhkan ruang kecil seperti lengan robot untuk bekerja.

8. Pengumpul Informasi, Analis dan Peneliti

Beberapa firma hukum mengganti paralegal dan staf lainnya dengan pengacara e-discovery dan robot riset. Robot mampu menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta yang relevan serta data seperti nomor telepon dan email berdasarkan kata kunci.Banyak analis keuangan yang digantikan oleh komputer yang dirancang untuk menganalisis dan menemukan pola serta tren dalam data keuangan. Seperti pola dan tren ini secara otomatis dapat investasi dan menemukan peluang ataupun resiko keuangan.

9. Pilot

Militer di AS sudah menggunakan drone otonom untuk melakukan pengawasan bahkan menyerang tanpa menggunakan bantuan. Mungkin di masa depan drone akan lebih canggih lagi dan merambah ke sektor lain.

Misalnya bekerja menerbangkan pesawat kargo. Bahkan laman ini menuliskan ada perusahaan yang ingin mengganti pilotnya dengan bantuan komputer dan dibantu dari jarak jauh oleh pilot.

10. Bartender

Beberapa perusahaan dikabarkan sudah ada yang memperkerjakan sistem untuk menggantikan bartender yang bertugas menyajikan minuman. Layanan seperti Briggo bahkan menggantikan barista dengan robot untuk membuat minuman populer atau belajar membuat minuman baru.

Tulisan ini di tulis bukan untuk menakut-nakuti, namun menjadikan kita tetap mawas dalam meningkatkan kualitias menciptakan value dalam diri agar tidak ada ciptaan manusia yang lebih cerdas di banding manusia itu sendiri.

Elvira Oktavia
Mahasiswa semester 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tamansiswa Padang
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.