Kamis, Juni 20, 2024

Mengerti Buku “A Good Man Is Hard To Find”

Danny Hana
Danny Hana
Hanya pembaca amatir yang ingin menuangkan tulisan.

“A Good Man Is Hard To Find” karya Flannery O’Connor adalah sebuah buku yang terdidri dari beberapa cerita pendek yang membuat seorang pembaca harus berhati hati dalam langkah karakter cerita selanjutnya.

Tentu, apabila ditanya apakah dari isi buku tersebut memiliki banyak plotwist? Tentu! Namun bukan seperti plotwist yang kita pikirkan. Buku ini hanya menggambarkan bagaimana kehidupan manusia dibentuk dengan sifat sifat manusia dengan ketidaksempurnaan seorang manusia tersebut, bagaiman seseorang mengartikan sebuah kebaikan, atau malah bagaimana seseorang membedakan sebuah kebaikan daripada orang biasanya.

Buku ini terdiri dari lima cerita pendek, disetiap cerita  memiliki daya tariknya sendiri. Saya sangat terkesan, karena Penulis dengan sangat detail menjabarkan bagaimana seorang karakter dengan sifat sifat buruk manusia yang kompleks sehingga membuat pembaca seolah-olah merasa mendapatkan benang merah dengan kehidupan manusia di era sekarang. Setiap cerita menawarkan sudut pandang yang berbeda tentang manusia dan kehidupannya.

Beberapa pelajaran yang menarik dalam buku ini adalah :

  1. Pengertian mengenai makna kehidupan yang ada: Bagaimana penulis menggambarkan karakter yang sangat dalam mengartikan sebuah kehidupa yang ia jalani, sehingga membuat pembaca dapat meresapinya dengan mudah
  2. Konflik seorang manusia: Cerita dalam buku ini membuat kita dapat memahami bagaimana seorang manusia dalam gejolak hati dan batin mereka. Kata-kata ditulis dengan sangat indah, dapat memperkuat perasaan dan suasana yang ingin disampaikan. Serta, dialog-dialog yang cerdas dan mendalam membuat cerita-cerita ini terasa hidup dan mengundang pembaca untuk merenung dan mengeksplorasi makna di balik setiap kata.
  3. Personalitas, adab, dan etika : Penggambaran sebuah karakter dalam buku ini membuat kita mengerti akan ada konsekuensi dari tiap kata dan tiap perbuatan yang ada dari masing masing karakter yang diceritakan

Alur yang lebih terstruktur membuat pembaca lebih memahami perawalan yang  terjadi hingga klimaks yang ada, walaupun dibeberapa sisi, pembaca perlu teliti memaknai kalimat yang dimaksud oleh karakter itu sendiri

Secara keseluruhan, “A Good Man Is Hard To Find” adalah buku yang menarik dan berwawasan, serta menunjukkan kualitas tulisan yang tinggi. Dalam setiap halaman, pembaca akan menemukan potret kehidupan yang nyata, membawa mereka merenungkan arti dari setiap momen yang dihadapi oleh karakter.

Buku ini cocok bagi mereka yang mencari bacaan yang memprovokasi pemikiran dan menyentuh hati, serta mengapresiasi keindahan bahasa dalam sastra.

Danny Hana
Danny Hana
Hanya pembaca amatir yang ingin menuangkan tulisan.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.