Selasa, Maret 5, 2024

Menkominfo Ajak Tokoh Agama Tangani Konten Negatif di Media Sosial

Menkominfo Rudiantara (kiri) Menristek Muhammad Nasir (tengah) dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (kanan) mengikuti acara deklarasi antiradikalisme di Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/7). ANTARA FOTO/Agus Bebeng/pd/17

Jakarta, 27/7 – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersafari menemui para pemuka berbagai agama guna membahas penanganan konten negatif di media sosial.

“Konten negatif tidak bisa hanya melalui pemblokiran, di hilir itu seperti menyembuhkan orang sakit disuntik dikasih obat dan sebagainya, kita harus ke hulu bagaimana membuat orang sehat, nah ini salah satu upayanya adalah melalui pendekatan tokoh-tokoh agama,” katanya di Jakarta, Kamis.

Ia menyakini pendekatan kemasyarakatan dapat lebih efektif utamanya dari para pemuka agama mengingat masyarakat Indonesia agamis.

“Saya yakin dari sisi agama tidak ada yang menganjurkan untuk katakanlah melemparkan konten-konten negatif di media sosial, pasti itu, saya yakin sebagai masayrakat yang beragama akan mendengar apa kata kyai, ustadz, pendeta, biksu, pandito,” katanya.

Ia mengatakan, setelah sebelumnya melakukan safari ke tokoh-tokoh umat Islam dalam penanganan konten negatif dan direspon positif dengan diterbitkannya fatwa Majelis Ulama Indonesia dalam bermedia sosial, kini upaya pendekatan ke pemuka-pemuka agama lainnya juga dilaksanakan, baik Katolik, Kristen, Hindu dan Budha.

“Saya juga sudah berbicara dengan Uskup Jakarta yang nanti akan pertemuan uskup-uskup di Jakarta, kemudian saya juga hari ini mau ke Ketua Parisada Hindu, juga nanti dengan PGI, dan lainnya,” katanya.

Dengan demikian, ia berharap bahwa penanganan konten negatif di internet nantinya dapat dilakukan lebih efektif.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.