OUR NETWORK
Kamis, Februari 9, 2023

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional Kelas Karyawan Gelar Pengabdian Masyarakat

From Korea With Love Concert

Jakarta, 27 Desember 2021 – Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat (PKM), Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan cara memberi pelatihan “Pemasaran Produk dan Pembukuan Sederhana Melalui Platform Digital” anggota PKK di Kelurahan Pondok Bambu Kecamatan Duren Swait, Jakarta Timur, pada tanggal 24 Desember 2021.

Menurut Andromeda selaku koordinator kegiatan, tujuan pelatihan ini adalah agar anggota PKK di kelurahan Pondok Bambu Kecamatan Duren Sawit – Jakarta Timur memiliki keterampilan dalam memasarkan produk Usahanya serta memiliki kemampuan dalam mencatat keuangan usahanya melalui platform digital. Dengan demikian bisa diharapkan menjadi stimulus terjadinya peningkatan pendapatan dan menggerakan ekonomi di masyarakat.

Kegiatan PKM dibuka oleh sambutan dari Yayu Sriwartini, S.Sos, M.Si sebagai dosen pembimbing dan H. Muhammad Ali selaku ketua RW 04. “Pelatihan ini merupakan serangkaian kegiatan akademis mahasiswa di kampus. Mereka tidak hanya sekedar mendapatkan materi perkuliahan saja, tetapi juga harus mampu berkontribusi kepada masyarakat melalui ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.”

Yayu pun menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk capaian dari mata kuliah PR dan Manajemen CSR. “Setelah praktik PKM, mahasiswa harus mempublikasikan kegiatannya di media massa dan men-submit ke Jurnal PKM terakreditasi Sinta. Serangkaian kegiatan ini sama persis dengan aktivitas PR dalam merencanakan, melaksanakan dan mengomunikasikan kegiatan CSR melalui berbagai media” Jelas Yayu.

Pelatihan terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama mengenai bagaimana cara foto produk usaha yang disampaikan oleh Maulina Juliska, dilanjutkan dengan materi mengenai penggunaan platform digital untuk memasarkan produk yang disampaikan oleh Fernanda Safira, dan sesi materi terakhir oleh Navida Ibthihaz yang menyampaikan materi mengenai penggunaan aplikasi untuk pencatatan pembukuan keuangan usaha.

Pelatihan diakhiri dengan praktek langsung penggunaan platform digital. Hal ini sekaligus untuk mengetahui sejauhmana peserta memahami dan mampu mengaplikasikan materi pelatihan
Peserta pelatihan sangat antusias karena penyampaian materi diselingi dengan humor. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan sehingga terjadi proses pelatihan yang konduksif dan interaktif.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat ya untuk kami para ibu-ibu PKK, dengan pelatihan ini kami jadi mengerti bagaimana memanfaatkan media digital untuk usaha rumahan yang kami punya”. Ungkap Ida selaku Ketua PKK.

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.