OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022
Minggu, Juni 26, 2022
Geomedia - JFK 2022

Evaluasi Pelaksanaan Haji dan Ihwal Menu Makanan Jemaah

Mekkah—Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali mengapresiasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2022. Ada beberapa catatan, namun secara keseluruhan sampai saat ini pelaksanaannya jauh lebih baik.

“Sampai hari ini pelaksanaan berjalan dengan baik meski ada beberapa catatan dan kendala khususnya terkait administrasi. Tapi alhamdulillah bisa diatasi,” kata Nizar dalam konferensi pers di kantor Daerah Kerja (Daker) Mekkah PPIH Arab Saudi, Rabu (22/6/2022).

Hasil evaluasi Irjen, seluruh Daker baik itu Mekkah, Madinah maupun Bandara semuanya melaksanakan tugas dengan baik.

“Ada beberapa masalah administrasi yang terjadi misalkan perbedaan nama antara pasport dan visa. Ada juga namanya sama tapi nomor pasport atau visanya berbeda. Namun petugas bandara bisa mengantisipasi dengan baik,” ujarnya.

Begitu juga pelaksanaan fast track untuk tahun ini jauh lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dulu ada kasus koper terpisah sekarang sudah tidak ada lagi. Dulu ada suami dan istri terpisah bus, tahun ini kasus seperti itu sudah tidak terjadi lagi. Ini perkembangan bagus,” kata Nizar.

Nizar yang juga Sekjen Kemenag ini mengatakan, selama beberapa hari di Arab Saudi, dirinya langsung melakukan proses pengawasan di beberapa lokasi.

“Semalam saya mengamati di Masjidil Haram masih lancar. Tawaf dan sai tidak ada kendala berarti. Mudah-mudahan bisa dipertahankan sampai akhir pelaksanaan berjalan dengan baik,” kata dia.

Setelah pengawasan administrasi dan pergerakan jemaah, Nizar mengaku akan melanjutkan proses pengawasan di bidang pelayanan penginapan, transportasi dan katering.

“Titik krusial saat Arafah, tiga hari menjelang dan dua hari setelah Arafah. Sebelumnya tidak ada layanan konsumsi, tahun ini kita coba ada konsumsi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Daker Mekkah Mukhammad Hanif mengatakan hingga saat ini jumlah jemaah haji yang tiba di Mekkah sudah mencapai 36 ribu.

“Alhamdulillah pelayanan berjalan baik kita siapkan semuanya. Tadi malam kita juga sudah panggil para penyedia katering untuk meneguhkan komitmennya terkait pelayanan katering,” kata Hanif.

Ihwal Menu

Gizi makanan salah satu kunci energi bagi tamu Allah supaya tetap sehat dan semangat menjalankan aktivitas ibadah haji di Makkah. Menu masakan apa yang diberikan kepada jemaah?

Kepala Seksi Konsumsi Daker Makkah Asep Rohadian mengatakan, untuk menu semuanya menu Indonesia. “Alhamdulillah semua menu yang kita sajikan menu Indonesia, termasuk chef dari Indonesia” kata Asep di Makkah (21/6/2022).

Dalam undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh mengamanatkan bahwa menu yang disajikan untuk jemaah haji bercita rasa nusantara.

“Jadi sementara ini, kami berkomitmen untuk menyajikan makanan dengan cita rasa Indonesia pada jemaah” tambah Asep.

Harapannya dengan menu nusantara jemaah haji dapat makan dengan menu yang biasa dia makan, kemudian bisa juga meningkatkan energi kepada jemaah untuk beribadah, sehingga ibadah mereka lebih khusyuk dan menjadikan haji yang mabrur, insya Allah.

Mengenai harapan jemaah ingin ada menu-menu sayuran dan sop atau menu berkuah. Menurut Asep sampai saat ini belum bisa kita akomodir karena memang terkendala distribusi dari dapur ke pemondokan.

“Untuk saat ini belum, tapi ke depan mudah-mudahan bisa dilakukan inovasi sehingga direalisasikan” kata Asep.

Namun, meski tidak 100% komplit dengan harapan jemaah, tapi kita mendorong pihak Muasasah untuk mengakomodir menu-menu yang biasa kita sajikan untuk jemaah haji Indonesia. Untuk pembagian makan di Arafah, Asep mengatakan akan dimulai pada 8 Zulhijah diberikan makan siang kemudian makan malam.

“Paginya tanggal 9, siang kemudian malam. Jadi makan di Arafah ada 5 kali. Muzdalifah tidak ada makan tetapi jamaah haji diberikan paket muzdalifah sejak dari Arafah. Di dalamnya ada roti, kurma, biskuit dan lainnya” ujar Asep. Kemudian saat ketika di Mina akan diberikan makan pagi sampai tanggal 13 Zulhijah.

“Itu pagi terakhir. Nanti sampai balik ke hotel itu kan tanggal 13 balik, baru diberikan makanan lagi di tanggal 14 dari dapur-dapur yang rutin” pungkas Asep.

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.