Jumat, April 19, 2024

DPR Bahas RUU Sisnas Iptek Pekan Depan

Ilustrasi rapat RUU oleh DPR. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj/17.

Jakarta, 21/7 – Panitia Khusus (Pansus) DPR akan mulai membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) bersama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada pekan depan.

Ketua Pansus RUU Sisnas Iptek Daryatmo Mardiyanto di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa jika tidak ada halangan maka rapat bersama perwakilan pemerintah membahas RUU Sisnas Iptek ini akan dilaksanakan Selasa (25/7).

Pembahasan RUU Sisnas Iptek yang merupakan revisi dari UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sinas P3 Iptek), menurut dia, mundur karena Pansus yang merupakan gabungan dari anggota DPR Komisi VII dan Komisi X ini harus menyelesaikan terlebih dulu pembahasan APBN.

“Sejauh ini sudah paripurna dan ada pansus terbentuk, tapi terpaksa terpotong dengan adanya pembahasan APBN,” ujar dia.

Menurut politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini, yang menjadi pembahasan utama RUU Sisnas Iptek ini yakni masih terkait tekat “menyatukan” lembaga-lembaga maupun badan-badan riset agar riset nasional berada dalam satu wadah besar.

Kemungkinan pemetaan ulang lembaga-lembaga atau badan-badan riset memang terbuka, karena Pansus masih menerima masukan-masukan, lanjutnya.

Saat ditanya apakah ada pasal-pasal yang menekankan peran industri atau perusahan dalam mendukung memajukan riset dan pengembangan (risbang) baik dari sisi pendanaan maupun pemanfaatan inovasi dan teknologi hasil risbang lembaga atau badan penelitian di dalam negeri, Daryatmo mengatakan belum ada.

“Itu belum muncul, nanti kita bahas lagi. Sekalian kita masukkan juga poin soal perlunya pengembangan riset, inovasi, teknologi berkiatan dengan pengendalian perubahan iklim sesuai dengan Paris Agreement,” lanjutnya.

Soal anggaran risbang, menurut dia, jelas menjadi catatan yang perlu dibahas. Kebijakan dan anggaran yang tepat yang dibutuhkan untuk mengembangkan riset seperti apa akan dibahas lagi oleh fraksi-fraksi di DPR.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.