Selasa, Mei 28, 2024

Tol Sumatera Tak Jalan, Ini Alasan Menteri

Ilustrasi pembangunan Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo). Proyek pembangunan jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dibiayai PT Bank Mandiri/ANTARA FOTO/Herman Dewantoro
Ilustrasi pembangunan Tol Surabaya – Mojokerto (Sumo). Proyek pembangunan jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang dibiayai PT Bank Mandiri/ANTARA FOTO/Herman Dewantoro

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pembebasan lahan masih menjadi kendala utama dalam penyelesaian pembangunan jalan Tol Sumatera.

“Sudah ada yang pembangunannya mulai dikerjakan, tapi ada juga yang masih dalam proses pembebasan lahan,” kata Menpupera Basuki Hadmuljono, usai menemui Menteri Rini Soemarno, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Basuki mengatakan sejauh ini pihaknya sudah mulai mengerjakan ruas Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer. “Medan-Binjai lahan sudah bebas 11 kilometer, sisanya 6 kilometer diperkirakan bebas pada Desember 2015. Sehingga target selesai pengerjaan sekaligus bisa dioperasikan pada tahun 2016,” katanya.

Selanjutnya, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 158 kilometer, penetapan lokasi sudah mencapai 57 persen atau sepanjang 79,6 kilometer. Sedangkan ruas Palembang-Indralaya dari sepanjang 22 kilometer lahan yang belum bebas sekitar 15 kilometer.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.