Selasa, Mei 28, 2024

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

 

Ilustrasi Rumah aman
Ilustrasi Rumah aman

Berkunjung ke kampung halaman saat mudik lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Namun seringkali kejadian tidak diinginkan terjadi  saat rumah ditinggalkan pemiliknya mudik seperti, kebakaran dan perampokan.

Meninggalkan rumah dalam kondisi kosong dan dalam jangka waktu lama akan berbahaya apabila tidak ada persiapan khusus. Tapi jangan khawatir, hal tersebut dapat dihindari dengan memperhatikan hal –hal berikut;

Pertama, matikan semua barang elektronik sebelum pergi.  Pastikan semua kabel yang terhubung dengan listrik sudah tercabut.  Seperti penggunaan TV,AC, kulkas, juga kompor gas dan semua barang yang dapat menyebabkan kebakaran.

Kedua, lebih baik jika tidak meninggalkan barang berharga di rumah. Barang berharga seperti uang tunai, perhiasan dan sertifikat akan lebih aman jika disimpan atau dititipkan ke tempat seperti deposit box atau di bank.

Ketiga, parkirkan kendaraan di tempat tertutup.  Jika meninggalkan kendaran baik mobil ataupun motor, masukan kendaraan ke dalam ruangan agar tidak terlihat mencolok dan berikan gembok ganda. Kalau ingin lebih aman, titipkan kendaraan ke kantor polisi terdekat.

Apabila kondisi rumah sudah aman, sebaiknya melapor ke pihak RT dan RW setempat sebelum pergi. Akan lebih baik jika lingkungan rumah, tetangga, petugas keamanan mengetahui bahwa rumah kita dalam keadaan kosong. Tinggalkan juga nomer yang dapat dihubungi agar apabila terjadi sesuatu, mereka dapat langsung menghubungi kita.

Dan yang terpenting, pastikan rumah sudah terkunci . Cek kembali sebelum meninggalkan rumah bahwa jendela, garasi, pintu sudah tertutup rapat dan dikunci. Karena seringkali orang lupa untuk mengunci pintu yang tertutup.[*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.