Jumat, Maret 1, 2024

Tiongkok Sarankan Warganya Makan Buah dan Sayur

000buahsayur
Ilustrasi

 

Lembaga kesehatan Tiongkok dan Perhimpunan Semua Wartawan Tiongkok (ACJA) bersama-sama meluncurkan kegiatan masyarakat untuk menyarankan warga mengkonsumsi seperempat kilogram buah dan setengah kilogram sayur setiap hari.

Kegiatan keseimbangan makanan tersebut akan diluncurkan di beberapa kota besar termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Chengdu, demikian isi satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Komisi Keluarga Berencana dan Kesehatan Nasional (NGFPC).

Makanan yang tidak seimbang membuat orang jadi kelebihan berat, kegemukan dan peningkatan penyakit kronis, kata Wu Liangyou, seorang pejabat NHFPC, di dalam pernyataan tersebut.

Kegiatan tersebut menindak-lanjuti “Laporan mengenai Penyakit Kronis dan Gizi Tiongkok 2015”, yang dikeluarkan oleh NHFPC pada 30 Juni, yang menyoroti angka mengejutkan ukuran garis pinggang.

“Angka kegemukan di kalangan orang dewasa 11,9 persen pada 2012, naik 67,6 persen dari 2002, dan 6,4 persen di kalangan anak-anak dan remaja, naik tiga kali lipat  dari angka 2002,” kata pernyataan itu.

Rata-rata orang Tiongkok mengkonsumsi jumlah lemak yang berlebihan yang berjumlah lebih dari 30 persen asupan energi, sedangkan konsumsi sayuran dan buah merosot.

Kegiatan tersebut adalah gagasan tahunan kesehatan masyarakat yang diselenggarakan oleh NHFPC dan ACJA, yang memusatkan perhatian pada faktor resiko penyakit kronis setiap tahun. (Antara/Xinhua-OANA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.