Senin, April 15, 2024

Pemberontak Kolombia Umumkan Gencatan Senjata

FARC Kolombia/COLOMBIA-POLITIC.COM
FARC Kolombia/COLOMBIA-POLITIC.COM

Kelompok pemberontak Kolombia FARC pada Rabu mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan gencatan senjata sepihak selama satu bulan sebagai tanggapan atas permintaan dunia internasional agar tingkat konflik berpuluh-puluh tahun di negara itu diturunkan.

Penghentian kontak senjata akan dimulai pada 20 Juli, kata Ivan Marquez, kepala perunding pihak pemberontak dalam perundingan perdamaian yang sedang terus berlangsung di Havana.

Ia mengatakan para pemberontak sayap kiri memutuskan untuk melakukan tindakan itu karena adanya permintaan yang disampaikan pada Selasa kemarin oleh empat negara, yang mendukung perundingan. Mereka meminta agar perang yang telah berlangsung selama setengah abad di negeri itu bisa disurutkan menyusul terjadinya lonjakan pertempuran baru-baru ini.

Tujuan gencatan senjata itu, kata Marquez, adalah untuk “Menciptakan situasi kondusif agar bisa maju bersama pihak yang berseberangan menuju terciptanya gencatan bilateral seterusnya.” Tidak ada komentar segera dari pihak pemerintah Kolombia soal pengumuman gencatan senjata oleh kelompok pemberontak itu. (Antara/AFP)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.