Senin, Juni 17, 2024

KPK Melarang Kendaraan Dinas Dipakai Mudik

Ilustrasi mobil dinas/JAMBITRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi mobil dinas/JAMBITRIBUNNEWS.COM

Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau agar penyelenggara negara dan pegawai negeri sipil (PNS) tidak menggunakan mobil dinas untuk perjalanan mudik.

“Berkaitan dengan Ramadhan dan jelang hari raya Idul Fitri, KPK menyiapkan surat edaran termasuk larangan menerima gratifikasi bagi penyelenggara negara dan pengawai negeri dan pada tahun ini juga akan disampaikan himbauan dalam surat tersebut berkaitan dengan penggunaan mobil dinas untuk perjalanan mudik atau pulang kampung,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta, Rabu.

Surat tersebut menurut Priharsa akan segera disampaikan ke semua instansi pemerintah.

“Dalam waktu dekat surat edaran itu akan disampaikan ke seluruh instansi,” kata Priharsa.

Sebelumnya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi memberi izin kepada para PNS untuk menggunakan kendaraan dinas untuk mudik.

“Sejatinya kendaraan dinas digunakan untuk menjalankan tugas, tetapi musim mudik ini kami memberikan kelonggaran kepada PNS agar bisa menikmati libur lebaran di kampung halamannya dengan menggunakan kendaraan dinas,” kata Yuddy pada 25 Juni lalu.

Pemakaian kendaraan dinas tersebut, menurut Yuddy, berlaku syarat yaitu bagi PNS yang belum mempunyai keluarga, kemudian tidak memiliki kendaraan pribadi dan yang penghasilannya masih rendah.

Menurut Yuddy, jika PNS sudah mempunyai kendaraan pribadi alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi.

“Walaupun diberi izin, tetapi PNS yang menggunakan aset negara untuk mudik itu harus menjaganya jangan sampai rusak apalagi hilang dan wajib bertanggung jawab dengan kendaraannya itu,” kata Yuddy. (Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.