Minggu, April 21, 2024

Jumlah Penumpang Pesawat Mudik Lebaran Meningkat

 

Ilustrasi: Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta/KIDSKLIK.COM
Ilustrasi: Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta/KIDSKLIK.COM

Kementerian Perhubungan (Kemhub) mencatat jumlah keberangkatan penumpang pesawat rute domestik meningkat hingga 1,93%. Tercatat penumpang rute domestik pada masa mudik Lebaran tahun ini adalah sebanyak 3,52 juta, sementara penumpang pada tahun lalu mencapai 3,46 juta penumpang. Peningkatan tersebut terjadi pada H-7 hingga H+2 Lebaran 2015.

Lain halnya dengan rute domestik, penurunan justru terjadi pada penerbangan rute luar negeri. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhub, JA Barata pada Minggu (19/7) mengatakan, data keberangkatan penumpang pada penerbangan luar negeri pada periode mudik Lebaran saat ini hanya berjumlah 550.773 penumpang. Jumlah tersebut menurun sebesar 3,86% dari jumlah sebelumnya, yakni 550.773 penumpang.

Sementara, Kemhub sebelumnya telah memperkirakan bahwa jumlah penumpang pesawat pada periode mudik Lebaran 2015 ini dapat mencapai 6,3 juta penumpang dari penumpang pada tahun 2014 lalu yang berjumlah 4,04 juta penumpang. Namun pada kenyataannya, jumlah penumpang tahun ini lebih sedikit dari yang diperkirakan.

Tiket pesawat untuk arus balik penerbangan domestik juga dilaporkan nyaris habis. Maskapai Garuda Indonesia misalnya, tiket yang habis bahkan hingga meliputi extra flight. Bahkan, beberapa maskapai seperti Air Asia, Lion Air dan Citylink juga telah menambah frekuensi penerbangan guna menghadapi lonjakan penumpang saat masa mudik Lebaran.

Sementara, data dari Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan mencatat, total penumpang semua moda transportasi pada periode H-7 hingga H-3 kemarin menurun sebanyak 5%. Tahun ini, pihak DLLAJ mencatat bahwa penumpang semua moda transportasi berjumlah 5,7 juta penumpang. Sementara tahun lalu jumlahnya mencapai 6 juta penumpang. [*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.