
Seminggu sebelum Hari Raya Lebaran, pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami penurunan pembeli. Penurunan ini meskipun sejumlah mall tersebut sudah mengadakan beberapa program khusus seperti pemberian diskon dan bazar.
Supervisor pusat perbelanjaan Lotus Alsina di kawasan jalan MH Thamrin, mengatakan pembeli memang menurun bila dibandingkan dengan acara yang sama menjelang Lebaran pada tahun 2014. “Acara ini sebenarnya diadakan mulai 15 Juni hingga 15 Juli. Namun baru tanggal 8 Juli, penjualan baru mencapai 45 persen, berbeda dengan tahun 2014,” katanya.
Ia mengatakan sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan, mulai dari pemberian diskon hingga 70 persen hingga “beli satu gratis satu”, namun hasilnya tetap mengecewakan. “Mungkin karena tahun ajaran baru atau juga perlambatan ekonomi,” katanya.
Sebelumnya, omzet penjualan busana muslim di sejumlah pusat perbelanjaan Jakarta Pusat, seperti Thamrin City dan Tanah Abang, menurun hingga 70 persen dari tahun lalu memasuki dua minggu menjelang Lebaran Idul Fitri.
Badan Pusat Statistik mencatat konsumsi rumah tangga hanya tumbuh 5,01 persen pada kuartal I-2015 dibandingkan pada kuartal I-2014 sebesar 5,14 persen.(ANTARA)