Sabtu, Juni 22, 2024

Ini Penilaian ADB Soal Perlambatan Ekonomi

Deputy County Director ADB Edimon Ginting/KABAR3
Deputy County Director ADB Edimon Ginting/KABAR3

Bank Pembangunan Asia (ADB) meyakini pelambatan perekonomian Indonesia hanya sementara. Ini karena ekspansi belanja modal pemerintah dari pagu anggaran infrastruktur sebesar Rp 290,3 triliun akan “mengembalikan” pertumbuhan hingga ke lima persen pada akhir 2015.

Deputy County Director ADB Edimon Ginting mengatakan terdapat potensi lonjakan stimulus perekonomian karena pemerintah masih memiliki 88 persen dari total belanja infrastruktur atau sekitar Rp 255 triliun yang belum digunakan.

Mengutip pernyataan pemerintah bahwa realisasi belanja modal dapat mencapai 85 persen pada 2015, Edimon meyakini akan terdapat kenaikan 94 persen investasi pemerintah yang tersalurkan ke masyarakat, dibandingkan semester II 2014. “Itu merupakan hal vital di semester II, dan akan memulihkan perekonomian,” katanya di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, pemerintah perlu serius menuntaskan masalah-masalah administrasi yang selama ini menghambat pencairan anggaran. Stimulus dari belanja modal pemerintah juga akan mendongkrak konsumsi domestik, termasuk konsumsi swasta dan konsumsi masyarakat.

Sementara konsumsi swasta akan terbantu dengan mulai membaiknya kinerja ekspor yang sebenarnya sudah terasa di triwulan II 2015. “Di sisi lain, ‘trade balance’ akan terdorong impor yang menurun sebagai dampak positif depresiasi rupiah,” katanya.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.