Senin, Juli 15, 2024

Ini Negara-Negara Paling Sering Bangkrut di Dunia

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras tiba dengan mobilnya di ktt pemimpin zona euro di Brussels, Belgia, Minggu (12/7). Pemimpin zona euro akan berjuang keras tetap mempertahankan Yunani yang hampir-bangkrut berada dalam zona euro setelah ketua Uni Eripa membatalkan rencana ktt pemimpin 28 negara Uni Eropa yang kemungkinan diperlukan dalam kasus "Grexit". ANTARA FOTO/REUTERS/Philippe Wojazer
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras tiba dengan mobilnya di ktt pemimpin zona euro di Brussels, Belgia, Minggu (12/7). Pemimpin zona euro akan berjuang keras tetap mempertahankan Yunani yang hampir-bangkrut berada dalam zona euro setelah ketua Uni Eripa membatalkan rencana ktt pemimpin 28 negara Uni Eropa yang kemungkinan diperlukan dalam kasus “Grexit”. ANTARA FOTO/REUTERS/Philippe Wojazer

Yunani berada di ambang kebangrutan. Bank Sentral Eropa mengumumkan membekukan kredit darurat, setelah perundingan dengan para menteri keuangan zona Euro gagal mencapai kesepakatan Sabtu 27 Juni lalu. Alasannya, Yunani sudah menerima seluruh kredit senilai 90 milyar Euro yang dijanjikan.

Sebagai reaksi atas keputusan itu, semua bank di Yunani mengumumkan tutup kantor hingga 6 Juli. Pemerintah di Athena juga mengumumkan kebijakan pengontrolan arus keluar masuk modal. Semua institusi kredit, termasuk bank-bank asing terkena dampak aksi ini.

Indonesia pernah empat kali mengalami kebangkrutan, terutama sejak 1998. Tapi negara lain pernah mengalaminya hingga 11 kali. Inilah negara-negara yang paling sering bangkrut di dunia menurut catatan mingguan Der Spiegel.

Pertama Venezuela, adalah negara yang paling sering alami kebangkrutan. Pertama kali karena perang 1826, negeri kaya minyak ini dinyatakan bangkrut sebanyak sepuluh kali. Terakhir Venezuela bangkrut tahun 2004 lantaran jatuhnya harga minyak, situasi politik di bawah Hugo Chavez dan tingginya arus dana keluar menyusul rendahnya kepercayaan investor.

Kedua, Ekuador bangkrut pertama kali saat perang kemerdekaan tahun 1926. Sejak itu negara yang banyak bergantung dari ekspor minyak dan produk pertanian ini mengalami bangkrut sebanyak sembilan kali. 2008 silam perekonomian Ekuador menyusut berkat krisis keuangan yang berkecamuk di dunia.

Sembilan kali dalam sejarahnya perekonomian Brasil ambruk. Tahun 1930 negeri ini bangkrut dua kali akibat revolusi dan situasi politik yang bergolak. Pada dekade 1960 perekonomian Brasil juga dua kali ambruk lantaran situasi politik, kudeta militer dan kebijakan ekonomi nasionalistik yang menjadi bumerang. Terakhir negeri samba pailit pada 1983 sebagai buntut resesi global.

Chile yang telah sembilan kali bangkrut banyak bereksperimen dengan perekonomiannya selama satu abad terakhir. Ada masanya ketika industrialisasi yang dipaksakan memukul sektor pertanian yang menjadi tulang punggung ekonomi. Sejak dekade 1960 hingga 1980, Chile mengalami enam kali bangkrut, hingga terakhir tahun 1983 sebagai buntut reformasi neoliberal yang dijalankan oleh rejim militer.

Kosta Rika, negara kecil di tepi laut Karibia ini pernah sembilan kali bangkrut sepanjang sejarahnya. Pada dekade 1980-an, Kosta Rika bahkan tiga kali menyatakan diri bangkrut. Amerika Serikat dan Dana Moneter Internasional saat itu menyuntikkan US$ 3 miliar untuk memompa perekonomian. Setelah melalui berbagai reformasi, Kosta Rika kini termasuk negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Amerika

Terakhir perekonomian Spanyol ambruk sebanyak delapan kali selama abad ke-19. Pemicunya adalah berakhirnya era kolonialisme. Spanyol yang kehilangan wilayah jajahannya, kewalahan menghadapi pengeluaran negara yang melonjak. Pada krisis zona Euro, Spanyol pun nyaris menghadapi kebangkrutan. Namun berbeda dengan Yunani, pemerintah di Madrid sukses menjalankan program pengetatan anggaran.

Dan tidak ada negara lain yang lebih sering bangkrut karena perang ketimbang Jerman. Sepanjang sejarahnya negara di jantung Eropa ini pernah delapan kali mengalami bangkrut. Namun tahun 1932, ketika Jerman mengaku bangkrut menyusul depresi besar yang mendekap Eropa.[*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.