Sabtu, Mei 25, 2024

Ini Gejala Pelebaran Aorta

Ilustrasi: Perut berdenyut merupakan salah satu indikasi pembesaran pembuluh aorta yang berdampak pada penyakit jantung/ANTARA
Ilustrasi: Perut berdenyut merupakan salah satu indikasi pembesaran pembuluh aorta yang berdampak pada penyakit jantung/ANTARA

Ahli jantung dr Alexander Jayadi Utama SpB(K)V meminta masyarakat lebih berhati-hati jika mengalami denyutan pada perut. Kondisi tersebut, menurutnya, bisa jadi merupakan gejala pelebaran “Aorta atau “Aneurisma Aorta Abdominalis” (AAA).

“Terkadang juga disertai dengan nyeri hebat yang tidak dapat dijelaskan pada perut atau daerah punggung bagian bawah,” kata ahli jantung dari Rumah Sakit Premiere Bintaro tersebut di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa gejala lainnya adalah nyeri, perubahan warna atau luka pada kaki. Penyakit ini merupakan kelainan pada pembuluh darah aorta abdominal, yaitu pembuluh darah utama yang keluar dari jantung menuju rongga dada lalu ke perut. AAA terjadi ketika ada ruas pembuluh aorta abdominal yang menggelembung akibat melemahnya dinding aorta. “Gelembung itu bisa saja tiba-tiba pecah hingga menimbulkan perdarahan hebat dalam perut.”

Ia mengatakan penyakit ini disebabkan gaya hidup tak sehat, merokok, minum alkohol, usia lanjut, maupun infeksi pembuluh darah. “Pola makan juga mempengaruhi, terutama masyarakat yang suka makanan yang bersantan dan kurang sehat rentan terhadap AAA ini,” katanya.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.