Senin, April 15, 2024

Gelombang Tinggi Hadang para Pemudik

Seorang anak sedang melihat sebuah kapal berusaha berlayar di antara tamparan ombak dan gelombang tinggi/ANTARA
Seorang anak sedang melihat sebuah kapal berusaha berlayar di antara tamparan ombak dan gelombang tinggi/ANTARA

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Bandara Haji Asan Sampit mengeluarkan peringatan dini agar nakhoda mewaspadai ancaman gelombang tinggi mencapai enam meter di laut Jawa.

“Kami menyampaikan peringatan dini untuk waspada perjalanan melewati laut dari tanggal 13 sampai 16 Juli 2015 akibat gelombang tinggi antara empat hingga enam meter,” kata Kepala BMKG Bandara Haji Asan Sampit, Yulida Warni, Senin.

Ia meminta prakiraan cuaca tersebut menjadi perhatian nakhoda dan pihak terkait lainnya yang berkepentingan dengan kondisi di laut. Terlebih saat ini, arus lalu lintas laut meningkat seiring puncak arus mudik yang didominasi oleh kapal penumpang.

“Tinggi gelombang yang diprediksi bisa mencapai enam meter, harus diwaspadai,” katanya. Pasalnya gelombang dengan ketinggian tersebut dikhawatirkan bisa memengaruhi kestabilan kapal di laut.

Jika kondisi di laut memburuk, Ia mengatakan nakhoda seharusnya tidak memaksakan diri memberangkatkan kapal. Terlebih angkutan mudik lebaran, disarankan tidak memaksakan menantang cuaca buruk.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.