Kamis, Juli 18, 2024

Belanja Sembako di Toko Online

Warga berbelanja memenuhi kebutuhan selama Ramadan di Pasar Bandarajo, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah
Warga berbelanja memenuhi kebutuhan selama Ramadan di Pasar Bandarajo, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah

Terobosan untuk membantu konsumen, UKM, dan petani.

Kebutuhan dasar sembilan bahan pokok atau sembako semakin meningkat pada bulan Ramadan. Seiring meningkatnya kesibukan selama bulan puasa, banyak warga yang tak sempat berbelanja ke pasar.

Kini tak perlu lagi khawatir soal itu. Pada awal Ramadan tahun ini situs jual-beli BukaLapak menggelar program “Rahmat” dengan menyediakan sembako yang dijual secara online.

Kebutuhan sehari-hari seperti  bawang, cabai, dan sebagainya disediakan dengan harga murah dan siap diantar ke konsumen. CEO dan Co-Founder BukaLapak.com Achmad Zaky mengatakan, program ini sebagai solusi belanja kebutuhan pokok dengan murah, mudah, dan hemat selama Ramadan.

Tentu BukaLapak tidak sekadar promosi. Mereka menyatakan siap menyediakan lebih dari 100 komoditas kebutuhan pokok; dari sayuran seperti cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan buah-buahan hingga beras, minyak goreng, gula pasir, daging sapi, dan daging ayam.

Harga yang ditawarkan tentu bisa dibandingkan dengan di pasar atau di supermarket. Namun, kemudahan mendapatkan bahan baku tentu merupakkan kenyamanan. Harga yang mereka tawarkan seperti cabai merah keriting mulai Rp 25.500 per kg dan cabai rawit merah mulai Rp 21.800 per kg.

Cabai merah besar ditawarkan mulai Rp 33.900 per kg, cabai hijau besar mulai Rp 18.500 per kg, bawang putih mulai Rp 25.000 per kg, dan bawang merah mulai Rp 26.300 per kg. Seluruh pembelian juga akan mendapatkan layanan antar gratis.

Program ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan usaha kecil dan menengah. Misalnya untuk stok beras, minyak goreng, gula pasir, daging sapi, daging ayam, BukaLapak menggandeng UKM yang tergabung dalam Pasar Komoditi Nasional. Dengan begitu, program “Rahmat” bisa membantu kebutuhan masyarakat sekaligus membantu petani Indonesia.

“Sesuai misi kami untuk meningkatkan kualitas UKM, kami menggandeng Paskomnas karena mereka memiliki jangkauan langsung ke tingkat produsen atau petani. Mereka bisa menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan dengan harga murah dan kualitas tinggi,” kata Zaky.

Paskomnas berperan sebagai pemasok barang dagangan kebutuhan pokok tersebut.

Program ini dapat menjadi solusi bagi kedua pihak yang saling menguntungkan. Petani tak perlu mencari pasar untuk menjual komoditasnya, sementara konsumen tak perlu ribet membeli sayur, buah, atau sembako di pasar jika sedang sibuk. Program ini akan lebih menarik jika dikembangkan dan tak hanya selama Ramadan.

Program ini bisa diakses warga Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Tangerang Selatan. BukaLapak menggandeng beberapa mitra ekspedisi untuk mengantarkan pesanan sembako ke wilayah-wilayah tersebut.

Paskomnas Indonesia adalah grup perusahaan pengembangan jaringan pasar induk. Ia mempunyai visi menciptakan distribusi pendapatan yang adil bagi semua pelaku, dari produsen sampai harga yang wajar di tingkat konsumen.

Anda butuh sembako tapi terbilang sibuk dan tak sempat ke pasar? Belanja online saja. [*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.