Selasa, Maret 5, 2024

AS Klaim Telah Membunuh Tokoh Penting Al Qaida

Pasukan Al Qaida/REUTERS
Pasukan Al Qaida/REUTERS

Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada Selasa, kemarin mengatakan bahwa Muhsin Al-Fadhli, yang lama menjadi agen Al-Qaida dan pemimpin Kelompok Khorasan, tewas dalam serangan udara di Suriah Utara pada 8 Juli.

Al-Fadhli, yang sebelumnya telah diincar dan dipercaya oleh sebagian orang di Amerika Serikat telah tewas. Ia sedang melakukan perjalanan naik kendaraan di dekat Sarmada, Suriah, ketika ia dihantam serangan udara, kata Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Serangan udara 8 Juli tersebut adalah upaya kedua untuk membunuh Al-Fahli.

Al-Fadhli adalah pemimpin jaringan gerilyawan veteran Al-Qaida, kadang-kala dinamakan Kelompok Khorasan. Ia bertugas merencanakan serangan eksternal terhadap Amerika Serikat dan sekutunya, kata Juru Bicara Pentagon Jeff Davis di dalam satu pernyataan.

Ia adalah fasilitator senior Al-Qaida yang termasuk di antara sedikit pemimpin terpercaya Al-Qaida yang menerima pemberitahuan lebih dulu mengenai serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, kata Davis.

Al-Fadhli juga terlibat dalam serangan yang terjadi pada Oktober 2002, termasuk serangan terhadap Marinir Amerika Serikat di Pulau Faylaka di Kuwait dan terhadap Kapal Prancis MV Limburg, kata juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat tersebut. (Antara/Xinhua)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.