Jumat, Juni 21, 2024

500 Ribu Masker Dibagikan

Ilustrasi: Petugas membagikan masker kepada pengungsi erupsi Gunung Sinabung, di Jambur (aula) Sempakata, Karo, Sumut./SETKAB.GO
Ilustrasi: Petugas membagikan masker kepada pengungsi erupsi Gunung Sinabung, di Jambur (aula) Sempakata, Karo, Sumut./SETKAB.GO

Kementerian Kesehatan membagikan masker sebanyak 500.000 buah untuk warga di Kota Ternate, Maluku Utara yang menjadi korban erupsi Gunung Gamalama.

“Rencananya dikirim hari ini dan kalau tidak ada halangan akan langsung didistribusikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate Nurbaity Radjabesi, Rabu.

Dia mengatakan, kebutuhan masker itu sangat penting, karena sampai saat ini Gunung Gamalama masih mengeluarkan abu vulkanik.

Ia mengatakan penyaluran masker diprioritaskan di wilayah yang terkena dampak abu vulkanik letusan Gunung Api Gamalama yakni di sekitar kawasan Keluraan Takome, Loto, Togafo dan Aftador, karena di wilayah yang berada di sebelah barat dari gunung gamalama ini, karena angin yang meniup hingga ke daerah tersebut.

Nurbaity mengatakan sedikitnya 113 warga terserang penyakit, umumnya Inspeksi Saluran Pernapasan (Ispa), dan sebagian besar mereka adalah anak-anak dan lansia. Penyakit yang ditangani tim medis baik di posko pengungsian maupun kelurahan yang terkena dampak erupsi Gunung Gamalama di antaranya diare, sebagian besar diderita anak-anak dan bayi, hIpertensi, gatrisis (maag), dan iritasi mata.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.