Jumat, April 19, 2024

4 Provinsi Terancam Kekeringan

Ilustrasi: waduk yang mengalami kekeringan akibat kemarau berkepanjangan/El Nino/ANTARA FOTO
Ilustrasi: waduk yang mengalami kekeringan akibat kemarau berkepanjangan/El Nino/ANTARA FOTO

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan sebanyak empat provinsi di Indonesia yang terancam mengalami kekeringan yakni NTT, Jawa Timur, Jawa Tengah, serta Jawa Barat.

“Beberapa daerahnya terancam mengalami kekeringan dan gagal panen,” katanya kepada wartawan saat meninjau dua kecamatan di Kabupaten Timur Tengah Selatan yang juga mengalami kekeringan, Kamis.

Ia mengatakan untuk provinsi Jawa Timur, di Bojonegoro terancam mengalami kekeringan, sementara untuk Jawa Tengah ada tiga daerah yakni, Pati, Demak dan Gerobogan. Sementara itu, untuk Provinsi Jawa Barat daerah yang terancam kekeringan sesuai dengan pantauan yang langsung dilakukan oleh Mentan, adalah Indramayu dan Cirebon.

“Sehingga kami telah mengantisipasi dengan cepat agar kekeringan tersebut tidak berlanjut,” katanya.  Sejumlah antisipasi yang dilakukan seperti memberikan 3000 unit pompa air dan menggali 1000 sumur dangkal.

Ia mengatakan kekeringan yang terjadi di empat provinsi tersebut belum masuk dalam kategori bencana El Nino, tetapi lebih pada lemahnya proses pengairan dan kurangnya alat-alat yang dapat membantu mencegah kekeringan.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.