OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Jumat, Desember 2, 2022
From Korea With Love Concert

Menjaga Kesehatan Masa Pandemi Covid-19

Harini nova
mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
From Korea With Love Concert

Pandemi covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2019 menjadi momok yang mematikan hingga saat ini. Di Indonesia per 30 Oktober 2021, ada 4.243.835 orang terkonfirmasi positif dan sudah 143.388 nyawa melayang (Kemenkes RI). Covid-19 menyebabkan berbagai sektor seperti sektor pendidikan, ekonomi, pembangunan, menjadi terkendala.

Pemberlakuan new normal dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia yang semakin terpuruk karena terdampak Covid-19. Apalagi saat ini ada virus covid varian baru yakni delta, alpha, beta, gamma dan AY.4.2. Semasa pandemi sistem imunitas tubuh perlu dijaga agar tidak mudah tertular. Untuk menjaga kekebalan sistem imunitas, kita dapat melakukan hal-hal berikut :

Pertama, mengkonsumsi makanan bergizi. Konsumsi makanan bergizi seimbang, makanan yang mengandung karboidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang dapat menjaga tubuh tetap sehat selama pandemi.

Namun, perlu diketahui kebutuhan gizi setiap orang dapat berbeda-beda. Kita juga harus mengurangi konsumsi junk food, minuman manis, minuman bersoda, dll. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter/hari. Higienitas makanan dan minuman juga perlu diperhatikan, mulai dari higienitas bahan makanan, alat makan, dan cara pengolahan makanan, dan penjamah makanan.

Kedua, melakukan aktivitas fisik. Olahraga secara rutin di rumah dapat menjadi pilihan aktivitas fisik selama pandemi. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan indoor seperti workout, skipping, angkat beban dll.

Ketiga, mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Menggunakan masker, penggunaan masker yang disarankan adalah masker medis dirangkap masker kain. Menjaga jarak kurang lebih 1,5 meter. Mengindari kerumunan. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.  Mengurangi mobilitas.

Keempat, melakukan vaksinasi. Vaksinasi yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu hingga sekarang ini adalah salah satu cara kita untuk melindungi diri dari virus Covid 19. Namun, setelah melakukan vaksinasi bukan berarti kita sudah tidak dapat terkonfirmasi Covid-19. Vaksin dilakukan untuk meminimalisir gejala Covid-19. Setelah melakukan vaksinasi kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga diri kita, dan orang-orang yang kita sayangi.

Dengan menerapkan kebiasaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari kita akan terbiasa menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, dan selalu menerapkan kebersihan untuk mencegah diri kita terserang virus Covid-19

Kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menuai kemajuan. Angka sembuh dan angka positif Covid-19 menurun drastis. Namun, kita tidak boleh lengah dengan situasi ini. Kedepannya, semoga keadaan Indonesia segera pulih. Semoga penanganan Covid-19 yang saat ini dilakukan oleh berbagai pihak seperti tenaga kesehatan, satuan tugas (Satgas) Covid-19 dan dinas kesehatan di Indonesia semakin baik, dan semoga kita juga dapat turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 minimal untuk diri kita sendiri.

Harini nova
mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.