Senin, Juli 15, 2024

Mengenal Mesin Absensi dan Jenisnya

Agus Wahyudi
Agus Wahyudi
saya seorang IT dan Management yang bergerak dibidang akses security system. sudah 2 th saya berkecimpung dibidang tersebut

 

Di zaman modern seperti saat ini banyak perusahaan membutuhkan teknologi yang canggih dan otomatis untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaannya. Terutama dalam mencatat kehadiran karyawan.

Kehadiran karyawan merupakan salah satu informasi penting yang digunakan sebagai salah satu pedoman untuk pengembangan suatu perusahaan. Informasi mengenai kehadiran serta keterlambatan karyawan perusahaan melakukan pemantauan kinerja dari masing-masing karyawan.

Berikut kami akan membahas lebih detail untuk penjelasan dan jenis-jenis mesin absensi:

Apa itu mesin absensi?

Mesin Absensi adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kehadiran karyawan. Kantor, sekolah, dan institusi lainnya adalah beberapa contoh organisasi yang menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis. suatu perusahaan pasti membutuhkan alat untuk dapat mengetahui kedisplinan karyawannya saat jam masuk dan jam pulang.

Mesin absen memiliki peranan yang sangat penting bagi pemimpin/pemilik instansi untuk mengotomatiskan pencatatan kehadiran karyawan. Itulah mengapa, perangkat ini harus tersedia di kantor.

Manfaat mesin absensi

Mesin Absen sangat bermanfaat bagi perusahaan apapun karena mendata kehadiran karyawan yang banyak tentunya tidaklah mudah apalagi jika masih dilakukan dengan cara manuak pada daftar hadir atau mengecek mereka satu per satu diruangan kerja.

Pimpinan/Pemilik perusahaan atau organisasi sangat terbantu dengan adanya Mesin Absen karena kemampuannya untuk memudahkan pencatatan hadir tidaknya karyawan dan mendapatkan data akurat dan otomatis tentang kehadiran karyawan.

  • Mengetahui jam masuk dan jam pulang kerja karyawan

Dengan adanya mesin absensi maka perusahaan akan mengetahui kapan jam masuk dan kapan jam pulang kerja. Dan dapat mengetahui bagi karyawan yang kerjanya lembur secara akurat dan otomatis.

Dalam mesin absensi sudah terdapat software untuk pengatur waktu kerja diperusahaan masing-masing.

  • Mempermudah Perhitungan gaji

Dengan adanya perhitungan mesin absensi ini maka maka akan mempermudah perusahaan secara otomatis dan cepat dalam menghitung gaji karyawannya.

  • Mempermudah laporan

Dalam membuat laporan setiap bulannya perusahaan dapat mencetak data laporan karyawan yang datang tepat waktu dan yang datang terlambat, bahkan sampai dengan laporan penggajian akan secara otomatis dan cepat.

Jenis-Jenis Mesin Absensi

Sama seperti teknologi lainnya. Mesin absensi pun mengalami perkembangan secara teknologi dari zaman ke zaman. Dan memiliki beberapa jenis sebagai berikut:

  • Mesin Absensi Sidik Jari (Fingerprint)

Sesuai dengan namanya absensi ini menggunakan sidik jari untuk mendeteksi kehadiran karyawan. Mesin absensi ini sangat diminati oleh setiap perusahaan karena sangat mudah untuk digunakan, para karyawan cukup menempelkan jarinya pada sensor yang ada pada mesin ini, maka kehadiran tersebut akan tercatat secara otomatis.

  • Mesin Absensi Wajah (Teknologi Biometrik)Mesin absensi wajah merupakan mesin absensi yang paling disiplin untuk karyawan. Agar karyawan tidak berbuat kecurangan sidik jari masih bisa dimanipulasi.

    Maka dengan alat ini wajah karyawan tidak bisa berbuat kecurangan karena wajah karyawan tersebut yang akan muncul.

  • Mesin Absensi Kartu (Magnetic Card)

    Mesin Absensi yang kedua yaitu menggunakan kartu,  selain dengan sidik jari pengguna / karyawan untuk absen dapat dengan kartu yang lebih modern.

    Keunggulan kartu, dapat diberikan logo perusahaan sebagai identitas bahwa karyawan bekerja di perusahaan  tersebut.

  • Mesin Absensi Telapak Tangan

    Mesin absensi yang terakhir merupakan menggunakan telapak tangan, sedikit berbeda dengan dari mesin lainnya.

Mesin Absensi Berbasis Web

Perkembangan aplikasi absensi karyawan berbasis web merupakan salah satu terobosan penting dibidang teknologi. Aplikasi absensi semacam ini memungkinkan data kehadiran tersimpan dalam database berbasis cloud. Melalui  perusahaan tidak perlu menyediakan perangkat absensi secara khusus demi melakukan pencatatan absensi karyawan setiap harinya.

Absensi dengan aplikasi berbasis web juga memungkinkan karyawan mencatatkan kehadirannya ketika melakukan pekerjaan di luar kantor. Karyawan hanya perlu mengambil foto diri di lokasi tertentu yang sudah disepakati oleh perusahaan. Artinya, karyawan tidak perlu melakukan absensi secara langsung di kantor, misalnya ketika karyawan mendapat tugas diluar kantor.

Pemilihan penggunaan sistem absensi karyawan pada perusahaan tentunya bertujuan untuk memudahkan pencatatan data kehadiran para karyawan serta membantu segala kesulitan terkait dengan kehadiran yang bertujuan untuk mencegah adanya kesalahan dalam pencatatan kehadiran karyawan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal.

Agus Wahyudi
Agus Wahyudi
saya seorang IT dan Management yang bergerak dibidang akses security system. sudah 2 th saya berkecimpung dibidang tersebut
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.