Minggu, Juli 14, 2024

Kiat Sukses Menguasai Ilmu Matematika di Abad 21

Nisa Fauziah
Nisa Fauziah
Mahasiswi Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abad 21 atau yang biasa disebut abad globalisasi. Secara umum, merupakan abad di mana kehidupan manusia mengalami perubahan pesat di berbagai aspek, baik itu dalam bidang teknologi, informasi, pendidikan dan lain-lain.

Perubahan yang sangat pesat ini dapat memberikan manfaat jika dikelola dengan benar, akan tetapi sebaliknya jika tidak dimanfaatkan dengan benar akan menimbulkan dampak yang negatif.

Oleh sebab itu, sebagai manusia yang hidup di abad 21 kita harus memiliki keterampilan agar dapat berhasil dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks.

Salah satu cara yang efektif untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil adalah dengan melalui pendidikan. Pendidikan merupakan hal atau komponen yang sangat penting dan diperlukan.

Salah satu ilmu yang penting di kuasai dalam dunia pendidikan yaitu ilmu matematika, bukan hanya di dalam dunia pendidikan saja nyatanya ilmu matematika memegang peranan penting dalam kemajuan peradaban manusia.

Kenapa demikian? Karena pada dasarnya ilmu matematika banyak di terapkan di berbagai bidang pekerjaan, salah satunya pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Bidang tersebut tidak terlepas dari peran penting ilmu matematika. Namun, sebagian besar penduduk Indonesia masih menganggap matematika sebagai ilmu yang sulit di pelajari.

Ilmu Matematika 

Ilmu matematika merupakan ilmu yang berperan sangat penting di dalam keseharian hidup kita, seperti pada kegiatan jual beli. Dengan menguasai ilmu matematika, kita akan menjadi pribadi yang memiliki pola pikir terstruktur, objektif, analitis, dan rasional. Yang tentunya itu sangat bermanfaat untuk kita dalam menghadapi tantangan kehidupan di abad 21.

Namun pada kenyataannya, kebanyakan masyarakat Indonesia, khususnya para pelajar masih beranggapan bahwa ilmu matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Karena pada dasarnya matematika selalu berkaitan dengan berbagai macam rumus. Sehingga mereka sudah terlebih dahulu tidak peduli dengan matematika sebelum mendalaminya.

Faktor lain pun dapat dilihat dari karakter guru matematika. Ada beberapa guru matematika yang terkesan menyeramkan sehingga sering disebut sebagai guru killer. Mereka selalu menghukum pelajar yang tidak mengerjakan tugas. Terkadang beberapa pengajar matematika pun kurang menyampaikan materi dengan baik, sehingga pelajar kesulitan untuk memahaminya.

Hal-hal seperti itulah yang akhirnya mempengaruhi pelajar untuk bisa menguasai ilmu matematika.

Kiat Sukses Menguasai Ilmu Matematika

Menurut survei yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) di bawah Organization Economic Cooperation and Development (OECD)  yang dilakukan pada 65 negara di dunia pada tahun 2012, kemampuan pelajar Indonesia terhadap ilmu matematika menduduki peringkat bawah dengan skor 375. Kurang dari 1% pelajar Indonesia memiliki kemampuan matematika yang baik.

Pernyataan tersebut tentunya sangat memprihatinkan bagi dunia pendidikan Indonesia.Kemampuan pelajar Indonesia dalam hal matematika sangat membutuhkan perhatian khusus. Terutama oleh semua pihak yang berkontribusi dalam bidang pendidikan. Namun, sebenarnya ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menambah kemampuan pelajar Indonesia terhadap ilmu matematika.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelajar Indonesia.

1. Sukai Pelajarannya

Bagaimana bisa memahami, jika kita saja tidak menyukainya? Maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah sukai terlebih dahulu pelajarannya. Dengan begitu kita akan mudah memahami materi-materinya dan jangan pernah menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang rumit karena hal tersebut dapat berpengaruh dalam proses pembelajaran.

2. Kenali dan Pahami Konsepnya

Pada kenyataannya matematika itu tidak serumit yang di bayangkan, Kita hanya perlu mengenali dan memahami konsep pembelajaran matematika itu seperti apa dan bagaimana. Jika mengalami kesulitan jangan ragu untuk bertanya kepada teman ataupun guru. Di abad 21 seperti sekarang ini kita juga bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi yang ada untuk mencari informasi terkait matematika.

3. Pelajari Materinya

Setelah kita mengenali dan memahami konsepnya. Langkah selanjutnya yaitu mempelajari materinya, kita bisa memulainya dengan mempelajari materi yang paling dasar jika di rasa sudah cukup paham kita bisa melangkah ke level yang lebih rumit. Dan perlu diingat kita hanya perlu mempelajarinya saja bukan menghafalnya. Rumus matematika sangatlah banyak maka menghafal bukanlah solusi yang tepat.

4. Perbanyak Latihan Soal

Kita sebagai manusia tentunya mempunyai sifat pelupa. Oleh karena itu, untuk mengulang materi yang telah kita pelajari adakalanya kita perlu untuk memperbanyak mengerjakan latihan-latihan soal. Cara ini tentunya sangat efektif untuk kalian yang mempunyai daya ingat rendah. Selain itu, dengan memperbanyak latihan soal kita bisa lebih memahami dan menguasai materi tersebut.5. Jangan Menyerah

Dalam mempelajari matematika memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Jika merasa kesulitan dalam mempelajari ataupun memecahkan soal teruslah berusaha jangan pernah menyerah. Justru disitulah ujiannya, dan jika kita berhasil memecahkannya maka akan ada rasa kepuasan dan kebanggaan terhadap diri sendiri. Ingatlah, sesungguhnya usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Itulah beberapa cara untuk mempelajari matematika agar lebih mudah untuk di mengerti dan dikuasai khususnya di abad 21. Pada intinya kita hanya perlu mengubah cara pandang awal kita kepada matematika karena itulah yang menjadi penyebab utama berhasil atau tidaknya dalam menguasai ilmu matematika.

Nisa Fauziah
Nisa Fauziah
Mahasiswi Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.