OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Jumat, Desember 2, 2022
From Korea With Love Concert

Wisata Berpesiar Negara Kepulauan

andreharibawa
Penulis lepas
From Korea With Love Concert

Indonesia merupakan negara maritim, memiliki wilayah laut yang sangat luas dan banyak terdapat pulau. Menurut Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman jumlah pulau di Indonesia, yaitu 17.504 dan lebih dari 16 ribu pulau telah dibakukan namanya di PBB hingga Juli 2017.

Dari sekian ribu pulau, pula-pulau besar di Indonesia, antara lain: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua. Pulau-pulau ini memiliki tempat wisata yang sangat menarik.

Misalnya saja Danau Toba di Sumatera, Candi Borobudur di Jawa, Kota Kinabalu di Kalimantan, Pantai Sanur di Bali, Gili Island di Lombok, Komodo di Pulau Komodo, dan Raja Ampat di Papua. Hal tersebut sebenarnya menjadi peluang yang sangat bagus bagi pemerintah Indonesia untuk membangun wisata berpesiar.

Sebagai contoh Amerika Serikat memiliki perusahaan kapal pesiar di antaranya adalah Princes Cruise Lines. Perusahaan tersebut memiliki armada kapal pesiar yang tersebar di benua Amerika, Eropa, Australia dan Asia. Tujuan obyek wisata berpesiar adalah negara-negara yang memiliki kepulauan.

Dilansiir dari kontan.co.id pada tahun 2017 jumlah turis asal Indonesia yang melakukan perjalanan wisata berpesiar dengan perusahaan tersebut mencapai 46.700 turis. Hal ini mendorong perusahaan tersebut untuk menggarap serius proyek wisata berpesiar di Indonesia.

Melihat negara Indonesia adalah negara kepulauan, seharusnya pemerintah menyadari hal ini sebagai peluang besar untuk mengembangkan wisata berpesiar.

Wisata berpesiar sendiri dapat menyerap banyak tenaga kerja. Misalnya, untuk satu armada kapal dengan jumlah muatan 2100 penumpang bisa merekrut lebih dari 700 karyawan. Belum lagi dampak bagi masyarakat khususnya di sekitar pelabuhan.

Akan tetapi, mendirikan perusahaan kapal pesiar memang membutuhkan investasi besar. Belum lagi untuk pembangunan pelabuhan agar dapat dijadikan sebagai terminal cruise. Meski demikian, wisata berpesiar ini seharusnya dapat dipertimbangkan dengan sangat baik oleh pemerintah untuk mengembangkan sektor wisata di Indonesia.

andreharibawa
Penulis lepas
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.