Jumat, Juni 18, 2021

Sepenggal Alusi Sejarah Ngebel dalam Serat Centhini

Membela Perppu Ormas: Ketika YLBHI Akan Menggugat Perppu Ormas

“Koalisi masyarakat sipil berencana menggugat perppu ormas ke mahkamah konstitusi.” (Tempo, Minggu, 13 Agustus 2017) Terhadap berita tersebut, Saya tercengang atas sepirit penggugatan perppu ormas. Mereka...

Terowongan Silaturahmi dan Ilusi Ruang Temu

Rencana pembangunan terowongan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral sebagaimana disebutkan Presiden Joko Widodo (7/2) tampak menjadi polemik. Berbagai pro dan kontra muncul dari...

Mutu Guru, Wewenang Siapa?

Era disrupsi merupakan era di mana terjadi perubahan mendasar atau fundamental dalam berbagai aspek dan kegiatan. Sebuah era peralihan dari dunia nyata ke dunia...

Perilaku dan Kebijakan Publik

Era dilematis bahkan trilematis seperti saat ini pemerintah akan selalu dihadapkan dengan kompleksitas tinggi dan perubahan masyarakat yang sangat cepat, sayangnya produk kebijakan publik...
Frengki Nur Fariya Pratama
Mahasiswa Ilmu Susastra Undip Semarang, Komunitas Sraddha Institute, Komunitas Sastra Langit Malam, anggota Pramuka.

Menurut Sri Margana dalam buku Pujangga Jawa dalam Bayang-bayang Kolonial (2004) Serat Centhini ditulis atas prakarsa KGPAA Hamengkunagara III (Sunan Pakubuwana V) dibantu oleh R.Ng. Ranggasutrasna, R. T. Sastranagara dan R.Ng.

Sastradipura serta dibantu pula Pangeran Junggut Mandurareja, Ulama Besar Ponorogo Kiai Kasan Besari dan Kiai Mohammad Minhad dengan candra sengkala Paksi Suci Sabda Ji jika dikonversikan dalam angka menjadi 1742 Jawa atau 1814 M. Tak lain masih dalam masa pemerintahan Pakubuwana IV.

Tercatat dalam Serat Centhini Pupuh 394. wirangrong  sampai 398.Gambuh daerah Ngebel diceritakan sebegitu terperinci. Mulai dari Bale Batur, Sumber Bethara, Sumber Padusan, Sumber Upas,Telaga Ngebel dan Celangap warih (saluran irigasi zaman Belanda) sangat rinci digambarkan. Dusun Saba menjadi latar Amongraga (tokoh dalam Serat Centhini) menapakkan kakinya kali pertama di Ngebel.

Timbullah pertanyaan, kenapa dusun Saba menjadi latar penceritaan dalam Serat Centhini?

Alusi Peristiwa Sejarah Di Ngebel

Dalam buku Kuasa Ramalan Jilid 1 (2011) Peter Carrey memaparkan peristiwa konflik kecil di desa Sekodok, yang sekarang masuk dalam wilayah administratif kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Peter Carrey mengungkapkan bahwa di tahun 1810 Masehi terjadi gejolak politik antara Raden Ronggo dan Mas Aryo Wiryodiningrat. Pemicunya, adanya tuduhan penyerangan lintas batas perbatasan Madiun sebagai wilayah Kasultanan Yogyakarta dan Ponorogo sebagai wilayah Kasunanan Surakarta.

Babad Pakualaman mengungkap kepedihan Raden Ronggo pasca kematian istrinya Ratu Maduretno. Hampir saban hari Raden Ronggo meratapi kepergian istrinya di makam Giripurno yang terletak di Gunung Bacak, Maospati. Selepas bangkit dari duka mendalam atas kematian istrinya, Raden Ronggo melakukan pengusutan para komplotan perampok ke daerah Sekodok, Gunung Ngebel.

Raden Ronggo menduga penduduk daerah itu terlibat perampokan daerah kekuasaan Kesultanan Yogyakarta yang berada di Madiun. Dia mengirimkan satu regu berjumlah 800 orang ke Sekodok. Pengusutan itu dilakukan seizin rekannya Ario Wiryodiningrat pejabat daerah kekuasan Kraton Surakarta di Ponorogo.

Saat melakukan pengusutan, utusan dari Raden Ronggo mendapati penduduk desa itu telah kosong. Pada waktu pencarian, regu pencari utusan Raden Ronggo disergap oleh perampok asal daerah tersebut. Baku hantam pun terjadi. Tercatat 2 orang penyergap tewas dan satu luka-luka. Regu pencari pun melakukan serangan balasan dengan me-ngobrak-abrik daerah sekitar Ngebel.

Atas peristiwa tersebut Raden Ronggo berinisiatif melakukan pertemuan dengan tiga bupati kawasan Ponorogo, setelah Grebeg Maulud 18 April 1810. Namun, Raden Ronggo malah dituduh bahwa peristiwa membela diri di daerah Sekodok pada 31 Januari 1810 itu sebagai bentuk penyerangannya di wilayah tapal batas kerajaan (Peter Carey, 2011).

Keadaan tak kondusif ini terus berlanjut. Pada akhirnya, gejolak kecil terjadi dimanfaatkan oleh Raja Surakarta yang mempunyai dendam pribadi dengan Raden Ronggo. Secara terpisah, Wiryodiningrat melakukan tuduhan balik kepada Raden Ronggo. Raden Ronggo dituduh menampung pembelot militer bernama Brotoseno (Brotosentono) keturunan Batoro Katong yang bergelar Prawirobroto. Brotoseno juga dianggap sebagai perampok yang sering merampok perangkat gamelan.

Dengan adanya peristiwa ini Jendral Daendels memerintahkan penyelidik untuk mengusut kasus Brotoseno. Kasus ini pun digulirkan, karena Daendels menganggap mencuri gamelan layaknya pencurian orkestra militer yang sakral.

Ternyata Jendral Daendels pun mempunyai maksud lain. Dia ingin menghapus pengaruh Raden Ronggo sebagai pengobar perjuangan anti-Londo, yang memang sudah sangat masif. Namun Sultan Yogyakarta tak memberikan hukuman kepada Raden Ronggo. Hal ini menimbulkan sangkaan polemik baru bahwa Sultan Yogyakarta akan bermusuhan dengan Jendral Daendels dan Raja Surakarta Pakubuwana IV.

Secara geografis dusun Saba latar dalam Serat Centhini dan dusun Sekodok tempat peristiwa terjadinya konflik bersebelahan. Saba masuk kekuasaan Kasunanan Surakarta dan Sekodok masuk dalam Kasultanan Yogyakarta. Penarasian  dalam Serat Centhini dari tapal batas wilayah Kasunanan Surakarta ini sangat dimungkinkan sebagai langkah legitimasi wilayah di zaman itu.

Mungkin, tanpa membaca narasi sejarah dusun Saba tercitrakan hanya sebutan dusun dalam Serat Centhini. Begitu pula asumsi non-teks yang menyiratkan praduga pemunculan legitimasi PB IV atas wilayah dan segala kekayaan isinya dalam Serat Centhini.  Pijakan sejarah ini istilah keren-nya dalam sastra disebut sebagai alusi sejarah.

Dengan begitu, pembaca harus lebih awas dalam membaca karya sastra, terkhusus manuskript lama. Mungkin, ada titik imajiner yang harus lebih diperhatikan dan ditelusur lebih mendalam. Bukan berarti semua teks dalam karya sastra pasti mengandung rentetan latar peristiwa di masa lalu. Dimaksudkan hanya sebagai langkah pembaca atau peneliti masuk dalam deep structure sebuah karya sastra.

Penelurusan narasi sejarah Ngebel dan (mungkin) daerah lain lewat Serat Centhini, seyogyanya menjadi sorotan untuk lebih diperhatikan, lebih teliti dihimpun dan lebih kas (giat) dicari. Jikalau pengetahuan masa lalu masih dianggap penting di masa sekarang! Apalagi narasi sejarah lokal “daerah” yang sangat jarang diteliti dan diperhatikan. Bagaimana langkah selanjutnya para pemangku pemerintahan ? Wallahu a’lam bis-shawab.

Frengki Nur Fariya Pratama
Mahasiswa Ilmu Susastra Undip Semarang, Komunitas Sraddha Institute, Komunitas Sastra Langit Malam, anggota Pramuka.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Manifesto Arsip Bagi Pengelolaan Cagar Budaya

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam peninggalan sejarah, mengingat eksistensi terhadap banyaknya kerajaan-kerajaan yang pernah bertahta di bumi nusantara. Selain menjadi negara yang terkenal...

Setelah Sayyid Syarief Mengenolkan Diri

Syariefhans tampil di mimbar dengan gagah dan perlente. Ia mengenakan kemeja hijau tua, dengan lengan panjang yang dikancing rapi. Ketampanan dan kulit putihnya membuat...

Viral, BTS Meal di Tengah Pandemi

BTS Meal adalah menu yang dihasilkan dari kolaborasi antara McDonal dengan Boyband Grup BTS, Korea Selatan. McDonald didirikan pada tahun 1940 oleh Richard dan...

Meluruskan Kasus Takmir Melarang Salat Bermasker di Masjid

Ramai menjadi perbincangan publik saat video berdurasi 2 menit sekian memperlihatkan “brutal”-nya ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Amanah, Jalan Kampung, Tanah Apit, RT...

Radikalisme, Anak Muda dan Pendidikan Tinggi: Antisipasi, Respon dan Kebijakan

Ekstrimisme dan radikalisme nampaknya tidak mengenal negara berpenduduk mayoritas Muslim seperti Indonesia atau negara-negara Eropa di mana kaum Muslimin merupakan komunitas minoritas. Ekstrimisme tumbuh...

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.