Jumat, April 19, 2024

Sekolah Ramadhan

Riqi Jauhari
Riqi Jauhari
Saya suka menonton anime

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan melalui pendidikan dan pengalaman yang menginspirasi.

Dalam rangka menyambut bulan ramadan tahun ini, tepatnya tahun keempat, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN KH. Abdurrahman Wahid (GUSDUR) Pekalongan mengadakan acara sekolah ramadhan dengan mengusung tema “Menumbuh kembangkan kualitas pendidikan keagamaan bagi peserta didik”.

Sampai saat ini, kegiatan sekolah ramadhan masih terus diadakan setiap tahunnya guna membekali ilmu agama Islam kepada siswa sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Sekolah ramadhan ini hanya dilaksanakan pada waktu bulan Ramadhan.

Apa saja hal yang menarik dari sekolah ramadhan?

Sekolah ramadhan adalah program kerja yang dirancang oleh departemen agama dan sosial dari HMPS PAI UIN GUSDUR Pekalongan, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu agama Islam dan motivasi ibadah selama bulan Ramadhan.

Program ini diselenggarakan di sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan HMPS PAI. Beberapa sekolah ini antara lain : SMP Negeri 7 Pekalongan, SMP Negeri 11 Pekalongan, SMP Negeri 12 Pekalongan, SMP Negeri 15 Pekalongan, dan SMA Negeri 1 Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Rabu, 13 Maret 2024, sampai dengan hari Sabtu, 6 April 2024. HMPS PAI mengadakan open recruitment tutor atau pengajar yang diseleksi dari beberapa mahasiswa prodi PAI. Setelah melakukan penyeleksian, para pengajar dibekali ilmu untuk diterjunkan pada tiap-tiap sekolah.

Diawali dengan acara pembukaan yang diselenggarakan dari pihak sekolah. Kemudian pembiasaan pagi yaitu do’a dan tadarus Al-Qur’an. Setelah pembiasaan pagi selesai, dilanjutkan sesi penyampaian materi.

Bukan hanya itu, ketika para siswa merasa suntuk dengan pembelajaran, akan selalu ada ice breaking yang dibawakan oleh tutor maupun panitia untuk meningkatkan semangat siswa walaupun masih dalam keadaan berpuasa. Pada saat jam istirahat siswa melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah di kelas masing-masing dan dilanjutkan dengan sesi kedua, yakni penyampaian materi sampai waktu dzuhur tiba.

Apa yang siswa dapatkan dari sekolah ramadhan ini?

Siswa mendapatkan pemahaman ilmu agama secara jelas mengenai bab thaharah, yaitu bagaimana cara kita bersuci sebelum akan menjalankan ibadah.

Selanjutnya bab sholat dan puasa, disini kita dijelaskan mengenai macam-macam sholat wajib dan sholat sunnah, juga macam-macam puasa wajib dan puasa sunnah.  Ada juga materi adab dan hukum-hukum islam untuk memperkuat akhlak dan pengetahuan siswa terhadap hal-hal yang dibolehkan atau dilarang oleh Allah SWT.

Harapannya dengan adanya program sekolah ramadhan yang singkat ini, para siswa sekolah menengah dapat me-refresh keilmuan agama Islam yang mungkin pernah mereka dapat selama menempuh pendidikan entah di bangku madrasah atau bangku sekolah dasar. Sehingga para siswa dapat lebih maksimal dalam menjalani puasa di bulan ramadhan.

Riqi Jauhari
Riqi Jauhari
Saya suka menonton anime
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.