Sabtu, Juli 20, 2024

Panic Buying: ARMY Rela Demi BTS

Nur Hidayah Wijayanti
Nur Hidayah Wijayanti
Mahasiswi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta

McD rilis menu kolaborasi dengan Boy Group asal Korea Selatan BTS. Kolaborasi ini membuat Army dan masyarakat Indonesia tertarik untuk membeli menu McD ini. Tepat tanggal 7 Juni 2021 kemarin McD membuka pesanan menu kolaborasi dengan BTS yang langsung diserbu ARMY Indonesia pada hari itu juga, pembelian menu BTS Meal secara drive thru dan online.

Sehingga dengan adanya menu BTS Meal itu membuat Army memenuhi gerai McD, tidak hanya Army ojol pun ikut meramaikan gerai McD. Banyak masyarakat yang memesan melalui aplikasi online karena tidak ingin menunggu antrean yang panjang. Ada juga Army dan masyarakat yang rela antre panjang satu hingga dua jam mengantre demi menu BTS Meal. Tak hanya itu, masyarakat yang tidak tahu tentang siapa itu BTS pun ikut membeli menu ini karena mereka sekedar ikut-ikutan dan ingin mencoba menu viral ini.

Sebenarnya menu BTS Meal itu sama seperti menu biasanya, yaitu kentang, nugget, cola. Hanya ada saus yang membedakan cajun dan sweet chili, dua saus itu khasnya Korea dan juga packaging yang ada lambang BTS dan warna ungu BTS, yang mereka incar sebenarnya saus dan juga packaging yang ingin dipajang.

Para Army yang membeli menu BTS Meal ini terlalu terburu-buru karena takut tidak kebagian, bahkan ada yang rela datang pagi sebelum McD dibuka. Tetapi sebenarnya menu BTS Meal ini akan tersedia untuk satu bulan ke depan.

Akibatnya banyak pro dan kontra terhadap menu BTS Meal ini. Twitter menjadi tempat curahan para Army dan non Army. Banyak yang menyayangkan hal ini karena tidak adanya kepatuhan terhadap prokes di masa pandemi ini. Sehingga banyak yang menyalahkan Army yang panic buying  terhadap menu BTS Meal ini, tetapi Army juga ingin membeli menu ini karena ini kolaborasi McD dan BTS limited edition yang hanya ada sekali saja serta Army tidak ingin melewatkan begitu saja kolaborasi ini.

Army sebenarnya sah-sah saja jika ingin membeli menu BTS Meal ini yang merupakan kolaborasi dengan idola mereka, tetapi tidak perlu panic buying terburu-buru takut tidak kebagian, bahkan sampai ada yang memborong menu ini, sehingga ada beberapa Army yang tidak kebagian menu ini karena kehabisan.

Juga para non Army yang menyalahkan Army, tidak perlu menghakimi karena bagi Army dengan mereka membeli menu kolaborasi ini merupakan kebahagiaan mereka tersendiri dengan idola mereka, apalagi dengan menu yang terjangkau ini. Sebab kebahagiaan setiap orang itu berbeda beda.

Pihak McD juga bisa mempersiapkan yang lebih lagi terkait kolaborasi ini karena BTS merupakan Boy Group yang sudah terkenal mendunia. Pasti ARMY sangat antusias dengan menu BTS Meal ini, dapat dipersiapkan dengan maksimal jauh-jauh hari sebelum rilis menu BTS Meal.

Karena kerumunan ojol yang tidak dapat diantisipasi, mengakibatkan gerai McD ditutup sementara dan ada yang di denda hingga 5 juta. Juga terdapat pembubaran paksa oleh Satgas Covid 19 karena kerumunan yang tidak menjaga jarak di masa pandemi ini.

Kasihan juga ojol yang mengantre panjang dan berkerumun tanpa ada jarak demi pesanan para Army. Sehingga dapat memicu persebaran virus Covid 19 karena tidak adanya jaga jarak, tetapi meskipun para ojol mengantre panjang mereka tetap bersabar demi pelanggannya yaitu Army.

Sebagai ucapan terima kasih Army pun memberikan tip kepada pengemudi ojol yang telah mengantar pesanan mereka dengan aman, ada juga yang memberikan sembako dan juga mengadakan open donasi untuk para ojol.

Nur Hidayah Wijayanti
Nur Hidayah Wijayanti
Mahasiswi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.