Sabtu, Juli 20, 2024

Melirik Autism Disorder dalam serial Netflix “Wednesday”

Putrinda Zahra
Putrinda Zahra
Psychology student at UIN Jakarta

The only person who gets to torture my brother is me” merupakan ujaran dari Wednesday Addams dalam serialnya “Wednesday” yang merupakan serial Netflix terbaru pada bulan November kemarin. Ini merupakan adaptasi dari film “The Addams Family”.

Serial Wednesday lagi menduduki puncaknya, karena kehidupan Wednesday ini sangat unik dan memang tujuannya untuk khalayak modern. Karakter Wednesday sendiri mempunyai sikap yang gelap dan sadis. Walaupun sikap Wednesday yang seperti itu, tetapi karakternya sendiri itu ditulis dengan baik, sehingga banyak orang-orang yang tertarik dengan serial Netflix yang satu ini.

Mengenal Lebih Dekat Wednesday Addams

Serial “Wednesday” yang sekarang lagi trending merupakan ide karya dari Charles Addams dan di sutradarakan oleh Tim Burton. Terinspirasi dari lingkungan rumah Charles Addams di Westfield, New Jersey yang di area tersebut banyak terdapat kuburan-kuburan dan bangunan lama ala Victoria.

The Addams Family mulai mengambil namanya pada tahun 1991 saat film yang berjudul “The Addams Family” tayang. Keluarga Addams sendiri terdiri dari Gomez Addams sebagai ayah, Mortricia Addams sebagai ibu, Wednesday Addams sebagai putri mereka, dan Pugsley Addams sebagai putra mereka. Karakteristik dari keluarga Addams ini cukup unik, dikarenakan cara mereka berprilaku dan berpakaian yang berbeda. Mereka selalu berpakaian hitam dan berprilaku layaknya kehidupan itu negatif, terutama dari karakter Wednesday yang sekarang lagi digemari banyak orang.

Wednesday sendiri di serial “Wednesday” memiliki kepribadian yang unik. Ia dibilang alergi dengan hal-hal yang berwarna cerah, dan selalu terlihat memakai pakaian yang berwarna hitam, Wednesday juga tidak suka berkontak fisik secara langsung dengan yang lain (mungkin banyak dari kita yang mengalami hal ini), tidak hanya itu dia juga menikmati saat orang dalam kesusahan.  Jadi apakah seorang Wednesday Addams mempunyai Autism Disorder?

Apa Itu Autism Disorder?

Autism Disorder, atau biasa dikenal dengan ASD (Autism Spectrum Disorder), merupakan kondisi dimana seseorang harus dihadapkan dengan kecacatan yang disebabkan oleh perbedaan di otak. Autism juga mengacu pada berbagai kondisi yang ditandai dengan tantangan dengan keterampilan sosial, perilaku berulang, ucapan dan komunikasi nonverbal. Kondisi ini cukup marak terjadi di lingkungan, tetapi dari gejala-gejala ASD tidak semuanya dapat terlihat dengan jelas.

Banyak dari serial televisi atau mungkin film layar kaca yang merepresentasikan karakter utamanya dengan diagnosa ASD. Tetapi tidak semua representasi itu di perlihatkan secara jelas, contoh yang jelas adalah dari film “What’s Eating Gilbert Grape?” pada tahun 1993 yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Johnny Depp. Dari serial Wednesday, atau yang dulu biasa dikenal dengan “The Addams Family” merupakan contoh dari representasi karakter-karakter neurodivergen yang tidak diperlihatkan dengan cara spontan. Klan keluarga Addams merupakan sekelompok orang buangan neurodivergen dan dalam perjalanan menuju aktualisasi diri dari dunia yang bukan untuk mereka.

Apakah Mengidap Autism Disorder?

Memang pertanyaan apakah Wednesday mengidap ASD itu belum di konfirmasi oleh sutradaranya, yakni Tim Burton. Tetapi, tidak sedikit orang berspekulasi tentang ini, dan juga karena Burton sendiri diduga mengidap ASD. Pertanyaannya adalah mengapa banyak orang berspekulasi bahwa Wednesday mengidap ASD?

Dari beberapa gejala Autism Spectrum Disorder terdapat:

  1. Kebutuhan akan rutinitas yang tidak berubah-ubah atau penolakan terhadap perubahan.
  2. Kontak mata, pola vokal, dan ekspresi wajah yang berbeda dan unik.
  3. Kurang menyukai kontak fisik.
  4. Sensitivitas sensorik.
  5. Bakat dalam memainkan alat musik.
  6. Tingkat empati yang rendah, dan lain-lain.

Dari gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas, berikut merupakan faktor-faktor pendukung bahwa Wednesday Addams mengidap Autism Spectrum Disorder:

1. Wednesday tidak suka, atau dapat dibilang alergi pada warna-warna cerah.

Kebenciannya pada warna-warna cerah sangatlah on point, banyak orang menyukai warna hitam, tetapi kebencian Wednesday pada warna-warna cerah disebutkan beberapa kali dalam serial ini hingga asrama tempat dia bersekolah menyesuaikan seragamnya menjadi serba hitam. Asramanya bahkan meng-custom seragam Wednesday sebelum ia datang.  Ini menyiratkan bahwa mungkin sebelumnya ada diskusi mengenai kebutuhan sensorik Wednesday.

Putrinda Zahra
Putrinda Zahra
Psychology student at UIN Jakarta
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.