OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Jumat, Desember 2, 2022
From Korea With Love Concert

LAILATUL QADAR

Wawan Kuswandi
Pemerhati Komunikasi Massa
From Korea With Love Concert

Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat penting dan ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Para tokoh agama di berbagai penjuru dunia, masih berbeda pendapat tentang makna dan tanda-tanda malam lailatul qadar. Namun, umumnya mereka berpendapat sama yaitu bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang paling dimuliakan Allah SWT diantara malam-malam lainnya.

Malam Lailatul qadar digambarkan sebagai malam yang lebih mulia dari seribu bulan serta merupakan malam turunnya Al Qur’an. Dengan merujuk dan mengartikan kata qadar sebagai kemuliaan, maka malam lailatul qadar adalah malam yang mulia karena di malam itulah Allah SWT untuk menurunkan Al Qur’an.

Berdasarkan pengertian diatas itulah, maka seluruh umat muslim pada saat ramadhan meningkatkan ibadahnya, terutama saat malam hari dengan harapan ibadah mereka mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT.

Malam lailatul qadar untuk selamanya menjadi rahasia Allah SWT. Sebagai umat muslim, sudah sewajibnya kita berserah diri kepadaNya dalam melaksanakan ibadah sepanjang hidup dengan tulus dan ikhlas, terlebih lagi saat bulan ramadhan.

Menurut keterangan Al-Hafiz Ibnu Hajar dalam kitab Fathul-Bari, setengah ulama berpendapat bahwa malam lailatul qadar yang sebenarnya hanyalah satu kali saja yaitu ketika Al Qur’an mulai pertama turun. Adapun lailatul qadar yang diperingati kepada kita agar memperbanyak ibadah pada setiap malam bulan ramadhan itu ialah untuk memperteguh ingatan kita kepada turunnya Al Qur’an. Sudah terang malam itu pasti terjadi dalam bulan Ramadhan. Kita hidupkan malam itu, dengan mengambil berkat dan memperbanyak syukur kepada Allah SWT karena bertetapan dengan malam itulah Al Qur’an diturunkan Allah SWT. Berdiri mengerjakan sholat yang disebut qiyamul-lail atau tarawih di seluruh malam Ramadhan ataupun menambah ramainya di malam 10 yang akhir, pastilah salah satu bertetapan dengan malam turunnya Al Qur’an. Selamat berbuka puasa. Alhamdulillah.

Wawan Kuswandi
Pemerhati Komunikasi Massa
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.