OUR NETWORK
Minggu, Februari 5, 2023

Drama Korea tentang Kesehatan Mental, Kim Ji Young Born 1982

Desya Fitri Anggraeni
Mahasiswa S1 Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
From Korea With Love Concert

Mencari drama korea dengan tema kesehatan mental? Kim Ji Young Born 1982 dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu.

Kim Ji Young Born 1982 merupakan sebuah drama dari Korea Selatan yang menceritakan tentang kehidupan wanita di tengah lingkungan yang patriarki. Kim Ji Young merupakan sosok wanita biasa dan seorang ibu rumah tangga.

Masalah yang terkandung dalam drama itu adalah masalah umum yang dihadapi wanita pada biasanya. Dimana wanita selalu diremehkan dan dikucilkan karena menjadi ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Nah, setelah sekian lama memendam perasaan, Kim Ji Young mengidap depresi postpartum. Ingin tahu mengenai depresi lebih lanjut? Yuk simak penjelasannya.

Apa Itu Depresi?

Jadi depresi menurut Rice PL adalah keadaan terganggunya suasana hati dan gangguan afektif yang sedang berlangsung melibatkan proses pemikiran, perilaku, dan emosional yang biasanya terjadi karena seseorang merasa putus asa atau tidak berdaya. Kim Ji Young didiagnosis mengalami depresi postpartum karena ia sering kali melamun dan berbicara seolah-olah dirinya adalah orang lain.

Faktor Kim Ji Young Bisa Terkena Depresi? 

Dalam drama, Kim Ji Young terkena depresi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Nah faktor apa saja sih yang mempengaruhinya? Simak penjelasannya yuk.

1. Faktor Psikologis

Dalam faktor psikologis, ketika seseorang selalu memendam perasaannya sendiri dan tidak pernah diungkapkannya lama-kelamaan perasaan itu akan menjadi bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Sama seperti dalam drama, Kim Ji Young ketika merasa tertekan cenderung menutupinya atau mengalihkannya sehingga perasaan sedih, kecewa dan amarah menumpuk menjadi satu. Lalu dengan adanya pemikiran yang cenderung irasional dan sering menyalahkan diri sendiri membuat Kim Ji Young berakhir depresi.

2. Faktor Lingkungan

Dalam drama korea Kim Ji Young Born 1982, bisa kita lihat jelas bahwa di lingkungan sekitar Kim Ji Young budaya patriarkinya masih sangat kental. Mulai dari keluarga suaminya, tetangganya bahkan orang yang tidak mengenal Kim Ji Young secara langsung pun, terus menerus menertawakan, menyalahkan dan menuntut Kim Ji Young hanya karena ia menjadi ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan dianggap hanya menyusahkan suaminya. Ia juga dituntut harus selalu sempurna dalam mengerjakan tugas rumah tangga. Ditambah dengan sikap acuh dari suami membuat Kim Ji Young depresi berat. Nah, jadi bisa dilihat bahwa faktor lingkungan sangat berpengaruh dalam kondisi mental seseorang.

Ciri-Ciri Orang yang Terkena Depresi

Nah, berikut beberapa ci-ciri seseorang yang terkena depresi

1. Cenderung makan secara berlebihan ataupun mogok makan.

Seseorang yang terkena depresi napsu makannya cenderung berubah-ubah, bisa saja sewaktu-waktu berat badannya bertambah banyak ataupun berkurang drastis.

2. Lemahnya konsentrasi.

Orang yang terkena gejala depresi memiliki konsentrasi yang lemah sehingga sulit untuk mengingat ataupun melakukan sesuatu.

3. Mengalami insomnia ataupun hipersomnia.

Depresi menyebabkan penderitanya memiliki waktu tidur yang tidak teratur, bisa saja mereka mengalami insomnia (sulit tidur) atau bahkan hipersomnia (terlalu banyak tidur).

4. Mudah tersinggung dan emosional.

Penderita depresi bisa saja sewaktu-waktu amarahnya meledak-ledak dan di lain waktu menangis tersedu-sedu.

Melansir dari https://hellosehat-com masih banyak orang yang kurang peduli terhadap depresi padahal depresi termasuk ke dalam penyakit mental berbahaya yang perlu ditangani segera. Nah depresi itu bukan penyakit yang bisa sembuh sendirinya loh, tetap memerlukan ahli untuk menyembuhkan depresi. Maka dari itu, jika kalian merasakan salah satu ciri dari penderita depresi diatas jangan ragu untuk segera menemui ahlinya. Yuk mulai peduli terhadap kesehatan mental sendiri dan orang lain!

Desya Fitri Anggraeni
Mahasiswa S1 Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.