Rabu, April 24, 2024

Bisakah ChatGPT Menjawab Semua Pertanyaan dari User?

Tantan Hadian
Tantan Hadian
Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan, Chemistry Teacher, Tinggal di Sukabumi Jawa Barat

Ketika kita terbiasa mencari informasi di internet melalui “Mbah Google”, kita terpesona dengan sekian banyak informasi yang disajikan oleh search engine tersebut. Tersaji informasi dalam bentuk apapun, baik itu berita, artikel, buku, gambar, video dan apapun itu sesuai dengan yang kita minta. Dari ribuan informasi yang diberikan, mau tidak mau kita harus secara selektif memilah dan memilih informasi tersebut, jangan sampai sumber informasi yang kita peroleh kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Akhir-akhir ini munculah apa yang trend disebut sebagai ChatGPT. ChatGPT merupakan singkatan dari “Chat Generative Pre-trained Transformer“, yaitu sebuah model bahasa alami (NLP), yang diduga kuat akan menjadi saingan google kedepan. NLP sendiri adalah singkatan dari “Natural Language Processing“, yang merupakan sebuah cabang dari ilmu komputer dan kecerdasan buatan yang berfokus pada pemahaman, pengolahan, dan bahasa manusia secara alami.

NLP mencakup berbagai teknik dan algoritma untuk mengubah bahasa manusia menjadi representasi komputasi dan menghasilkan respon atau output yang berarti dalam bentuk bahasa manusia. NLP digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti chatbot, penerjemahan bahasa, pengenalan suara, dan banyak lagi.

Pertanyaan yang Bisa Dijawab oleh ChatGPT

  • Pengetahuan Umum

ChatGPT dapat memberikan informasi tentang pengetahuan umum dari berbagai ilmu pengetahuan seperti  sejarah, geografi, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, bahasa, dan ilmu pengetahuan umum lainnya.

Kita tinggal menuliskan pertanyaan kita terkait pengetahuan yang ingin kita dapatkan, makin spesifik pertanyaan kita maka jawabannya dari ChatGPTnya juga akan makin fokus dan akurat, tanpa kita meramu kembali informasi yang disajikan. Namun kelemahannya kita tidak bisa menuliskan sumber informasi yang didapat, terkecuali kalau kita menuliskan dan meminta sumbernya langsung secara spesifik.

  •  Keterampilan Praktis

ChatGPT dapat memberikan saran dan instruksi tentang cara melakukan tugas tertentu, seperti memasak, merakit barang, atau merancang program.

Berbeda ketika kita mengetikan keterampilan praktis di search engine,  kita diberikan alternatif untuk memilih informasi mana yang akan kita ambil. Dengan ChatGPT kita disajikan dengan informasi yang sudah diramu dari berbagai sumber yang terpercaya. Untuk mencari alternatif, kita tinggal di generate saja, dan akan munculalternatif yang lainnya.

  • Pendidikan

ChatGPT dapat membantu pertanyaan tentang materi akademik, tugas sekolah, dan cara meningkatkan keterampilan akademik.

Ini bisa digunakan oleh pendidik atau juga oleh anak sekolah, bagi pendidik yang tidak ingin cape membuat soal atau materi ajar, tinggal minta bantuan ChatGPT aja untuk memebuatkan soal atau materi ajar, tentunya harus secara spesifik juga pertanyaannya.

Begitupun dengan tugas-tugas sekolah, siswa bisa mengerjakan tugas sekolah dengan bantuan ChatGPT ini dalamwaktu yang sangat singkat.

  •  Kesehatan dan Kesejahteraan

ChatGPT dapat memberikan informasi tentang penyakit, kesehatan mental, gizi, kebugaran, dan cara menjaga kesehatan secara umum.

Informasi-informasi kesehatan secara umum bisa diolah dan disampaikan oleh ChatGPT ketika kita bertanya tentang obat atau penyakit tertentu yang sudah menjadi gejala umum.

  • Bisnis dan Keuangan

ChatGPT dapat membantu menyarankan tentang manajemen keuangan, investasi, dan pengembangan bisnis.

Informasi-informasi umum tentang manajemen keuangan,investasi dan pengembangan bisnis bisa disarankan oleh ChatGPT yang akan mengarahkan pada saran-saran umum yang biasa diberikan oleh para ahli atau keilmuan dalam maslah bisnis dan keuangan.

  • Teknologi

ChatGPT dapat memberikan informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak, aplikasi, pemrograman, dan banyak lagi.

Perkembangan teknologi akan dengan cepat diupdate seiring dengan perannya juga dalammeberikan informasi berdasarkan teknologi AI ini. Jika kita mencari informasi tentang produk terbaru atau program terbaru dalam dunia teknologi, maka ChatGPT akan memberkan informasi itu pada kita.

  • Terjemahan

Untuk terjemahan, kita tinggal meminta ChatGPT untuk menterjemahkan kata atau kalimat yang kita inginkan untuk diterjemahkan dalam bahasa apapun, namun untuk mendapatkan hasil yang baik maka kalimat yang kita buat juga harus memiliki struktur kalimat yang baik pula. Untuk Bahasa-bahasa lokal, ChatGPT juga bisa menterjemahkannya, namun ada beberapa kosa kata yang masih belum sesuai dengan yang diinginkan.

Pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh ChatGP

1. Pertanyaan yang Memerlukan Penilaian Subyektif,

ChatGPT tidak dapat memberikan pendapat atau penilaian pribadi karena sebagai Artificial Intelegence (AI)  tidak memiliki emosi atau pandangan subyektif, sehingga walaupun terjadi interaksi layaknya dengan manusia, ChatGPT akan menolak dengan halus permintaan untuk memberikan penilaian secara pribadi.

2. Pertanyaan yang Memerlukan Informasi Rahasia

ChatGPT tidak dapat memberikan informasi rahasia, karena ChatGPT memiliki keterbatasan akses ke informasi tersebut dan juga ChatGPT menghormati dan melindungi privasi dari suatu akses informasi yang bersifat rahasia.

3. Pertanyaan yang Tidak Etis atau Ilegal

ChatGPT tidak akan merespons pertanyaan yang melanggar etika atau hukum, atau yang dapat merugikan orang lain, sebagai contoh misalkan ChatGPT diminta untuk menjelaskan tentang pembuatan bom, di pastikan ChatGPT tidak akan menjawab, dengan alasan etika, pelanggaran hukum dan membahayakan orang lain.

4. Pertanyaan untuk Menunjukkan Gambar atau Video

ChatGPT tidak bisa menunjukkan gambar, grafik, video dan animasi, karena ChatGPT dalam bentuk chat yang berbentuk teks saja. Untuk membuat gambar, powerpointdan video dikembangkan AI dalam aplikasi yang lainnya.

5. Pertanyaan yang Terlalu Bersifat Lokal

ChatGPT memproses informasi data yang bersifat global, informasi yang bersifat lokal sulit diproses dan dijawab dengan benar oleh ChatGPT, namun ChatGPT akan mengarahkan jawabannya dengan memberikan saran untuk mengakses pada situs atau laman tertentu yang bisa mengaskes informasi tersebut.

ChatGPT umurnya baru seumur jagung, masih banyak yang harus disempurnakan, satu atau dua tahun ke depan teknologi akan berkembang pesat, entah seperti apa kecanggihan teknologi ini. Walau bagaimanapun kita tidak akan bisa lepas dari perkembangan teknologi, solusinya adalah tetap mengikuti perkembangan ini dan memanfaatkannya untuk kemaslahatan manusia.

Tantan Hadian
Tantan Hadian
Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan, Chemistry Teacher, Tinggal di Sukabumi Jawa Barat
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.