OUR NETWORK
Minggu, Oktober 1, 2023

Bahasa Indonesia Sarana Interaksi dan Pemersatu Bangsa

Muhammad Naufal Fadhilah
Universitas Muhammdiyah Malang Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
From Korea With Love Concert

Bahasa adalah alat untuk komunikasi dengan semua orang. Manusia sangat bergantung pada bahasa untuk berkomunikasi. Orang dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan tumbuh sebagai hasil dari bahasa. Setiap bangsa memiliki bahasanya sendiri. Seperti Indonesia, ia memiliki bahasa yang terikat bersama, khususnya bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu.

Bahasa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter. Karakter bangsa Indonesia dapat dilihat dalam bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia harus digunakan secara tepat dan akurat berdasarkan situasi dan tempat yang unik. Bagi masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang budaya, bahasa Indonesia dapat berfungsi sebagai satu kesatuan.

Menggunakan bahasa yang tepat akan diterima dengan baik oleh banyak kelompok dalam suatu lingkungan sosial. Hal ini didasarkan pada pengenalan awal orang tua terhadap penggunaan bahasa dan instruksi dalam berbicara.

Bahasa Indonesia mengambil banyak bagian. Satu bahasa digunakan untuk mempersatukan seluruh suku bangsa Indonesia karena jumlahnya banyak dan masing-masing menggunakan bahasa daerah yang berbeda. Mulai dari tingkat individu dan bekerja melalui komunitas secara keseluruhan, peran ini melibatkan metode pemrosesan untuk memahami diri sendiri dan lingkungan seseorang. Demikian pula, diasumsikan bahwa bahasa memiliki tujuan ketika ia menjalankan fungsinya sebagai alat ekspresi, komunikasi, dan integrasi dan kohesi sosial.

Pada hakikatnya, bahasa itu mengendalikan beberapa tujuan, termasuk komunikasi, ekspresi diri, integrasi dengan lingkungan, dan integrasi sosial berdasarkan kebutuhan individu. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat kesepakatan bagi bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, ras, tradisi, dan budaya yang masing-masing memiliki dialeknya sendiri.

Oleh karena itu, bahasa Indonesia sangat penting bagi individu Indonesia. Dalam kehidupan manusia, bahasa memegang peranan penting sebagai alat komunikasi. Penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk menunjang kegiatan dalam kegiatan masyarakat, tanpa bahasa dunia ini mungkin tidak akan seperti sekarang ini dan karena tanpa Bahasa, manusia tidak dapat berbuat apa-apa.

Selain berfungsi sebagai bahasa resmi dan perantara bangsa, bahasa Indonesia juga berfungsi sebagai alat pemersatu. Bahasa Indonesia memainkan peran penting dalam memupuk persatuan Indonesia sebagai sumber interaksi sosial dan alat pemersatu. Bahasa Indonesia telah menang dalam hal bergabung dengan beberapa klan di Indonesia, dan sebagian besar dari mereka menggunakan dialek provinsi mereka yang terpisah.

Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa umum dan bahasa pemersatu negara Indonesia juga memiliki tempat yang vital dalam keberadaan negara Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dapat mempersatukan banyak suku dan etnis di Indonesia yang masing-masing memiliki dialeknya sendiri.

Alhasil, solusi atas persoalan sosial politik yang sering muncul dalam keseharian kehidupan berbangsa dan bernegara dapat ditemukan dalam bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan instrumen pengikat dan juga dapat berfungsi sebagai alat kontrol sosial. Karena sikap penutur bahasa Indonesia sangat dipengaruhi oleh manusia, hal ini juga dapat mempengaruhi perilaku mereka.

Bahasa mengambil bagian dalam kehidupan individu seseorang karena memungkinkan kerja sama dan korespondensi bebas hambatan. Bahasa mengambil bagian penting dalam keberadaan manusia karena bahasa adalah metode korespondensi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain melalui bahasa, baik secara lisan maupun tulisan.

Muhammad Naufal Fadhilah
Universitas Muhammdiyah Malang Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.