Jumat, April 26, 2024

Hari Angkutan Nasional, Ayo Naik Bus!

Fajar Andrian
Fajar Andrian
Penggemar bus indonesia

Hari Angkutan Nasional yang jatuh pada hari Selasa, 24 April 2018, tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Informasi tentang Hari Angkutan Nasional sangat sulit untuk diperoleh.

Minimal dengan mengetahui informasi tersebut masyarakat  menjadi lebih mengtahui makna di balik peranan transportasi umum bagi sebuah bangsa. Penyediaan  sarana transportasi umum yang nyaman dan aman bagi masyarakat, tentunya dapat menumbuhkan minat dalam menggunakan sarana transportasi umum.

Bus merupakan salah satu moda angkutan darat yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk bepergian dalam jarak dekat, menengah, hingga jarak jauh. Namun kini , pamor bus sebagai pilihan moda transportasi kini tampaknya mulai redup. Dewasa ini, minat masyarakat untuk menggunakan bus sebagai moda trasnportasi mulai menurun.

Pandangan warga tentang fasilitas  bus yang buruk menyebabkan minat menggunakan bus menurun. Selain itu, tarif pesawat yang relatif setara dengan bus dan hadirnya kendaraan pribadi yang dimiliki masyarakat menjadi alasan minat menggunakan bus menjadi rendah. Mereka lebih nyaman ,praktis, dan lebih aman mengedarai kendaraan pribadi daripada harus menggunakan trasportasi umum.

Untuk mengubah citra buruk dan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan bus, banyak pengusaha otobus yang melakukan berbagai inovasi demi kenyamanan dan keselamatan penumpang. Jika penumpang telah merasa nyaman dan aman ketika menggunakan bus,maka diharapkan minat masyarakat dalam menggunakan bus dapat meningkat. Upaya yang telah dilakukan  operator bus di indonesia antara lain :

Perbaikan Fasilitas dalam bus

Fasilitas yang baik tentunya membawa kenyamanan dalam setiap perjalanan, berbagai fasilitas telah diperbaiki maupun ditambah. Bus jaman now menggunakan telah menggunakan pendingin ruangan, kursi yang nyaman, tempat charger smartphone, televisi led, sekat pembatas antara ruang kemudi dengan ruang penumpang,dan dilengkapi toilet.

Sehingga kenyamanan penumpang dapat terjamin dengan hadirnya berbagai fitur kenyamanan. Perusahaan otobus memahami bahwa diera yang modern ini penumpang membutuhkan adanya koneksi internet yang baik dan terminal listrik untuk mengisi daya ponsel pintar, sehingga beberapa Po atau perusahaan otobus menyediakan fasilitas tersebut secara gratis.

Peremajaan bus

Keselamatan merupakan hal yang diutamakan dalam berlalu lintas,sehingga banyak operator bus  yang melakukan peremajaan armadanya. Mengganti bus lawas dengan bus baru sehingga dalam kondisi yang prima. Perkembangan chassis bus di indonesia juga semakin modern banyak fitur keselamatan yang telah ditambahkan menjadi pilihan operator bus untuk dijadikan armadanya.

Selain peremajaan pada mesin, body bus juga sering diremajakan agar lebih kokoh dan menambah nilai estetika dari sudut  eksterior bus. Bus akan terlihat lebih meyakinkan penumpang dengan adanya peremajaan armada.  Untuk armada lawas, dilakukan perawatan secara berkala agar kondisi selalu prima dan tidak mengalami kerusakaan saat mengantarkan penumpang ke tujuannya.

Meningkatkan Kemampuan SDM 

Sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam keselamatan berkendara, secanggih-canggihnya fitur keselamatan yang ada dalam bus jika tidak  didukung dengan kemampuan awak bus yang baik maka tidak ada gunanya.

Maka dari itu, banyak operator bus memberikan pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu pada  calon pengemudi sebelum mengemudikan dijalan raya.

Tiga upaya tersebut telah diterapkan diberbagai perusahaan otobus dalam memberikan pelayanan terbaik. Diharapakan minat masyakakat dalam menggunakan bus sebagai moda transportasi umum dapat meningkat.

Selain itu, beberapa operator bus di indonesia telah mengoperasikan bus tingkat untuk melayani trayek antar kota antar provinsi. Bus yang memiliki 2 lantai ini, dapat dijadikan moda trasnportasi alternatif untuk berpergian.

Perkembangan dunia transportasi darat khususnya bus di indonesia sangat ketat, setiap operator bus harus berlomba menyediakan berbagai fasilitas yang baik demi menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa nya.

Selain fasilitas, setiap perusahaan memberikan pelayanan yang terbaik bagi calon penumpangnya. Mulai dari servis makan gratis, makanan ringan,minuman hangat selama perjalanan, free wifi ,bus wajib berhenti ketika waktu sholat tiba, layanan antar jemput gratis, dan masih banyak pelayanan yang diberikan demi memberikan yang terbaik bagi penumpang.

Demi memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang, beberapa perusahaan membuat kebijakan yaitu adanya pramugari atau pramugara disetiap bus dengan kelas tertentu untuk melayani dan membantu penumpang.

Selain upaya yang telah dilakukan para pengusaha otobus, pemerintah juga melakukan inovasi agar minat masyarakat dalam menggunakan bus meningkat. Cara yang dilakukan pemerintah yaitu menyematkan bintang pada bus layaknya pada hotel. Penyematan bintang menggambarkan fasilitas yang dapat membuat penumpang nyaman.

Jadi alasan apalagi yang membuat mu malas untuk menggunakan bus sebagai moda tranpsortasi umum? Ayo naik bus,biar ga bikin macet!

Fajar Andrian
Fajar Andrian
Penggemar bus indonesia
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.