Sudah banyak sebenarnya ulasan tentang film “Joker” tahun 2019, yang cukup fenomenal ini. Tulisan ini ingin mencoba memahami film tersebut dari sudut pandang yang berbeda.
Joker adalah salah satu karakter villain (penjahat) DC, yang biasanya merupakan musuh bebuyutan vigilante, yang juga seorang borjuis (pemilik modal/pengusaha) kaya-raya, yaitu Bruce Wayne a.k.a Batman.
Dalam film “Joker” yang disutradarai oleh Tod Phillips dan dirilis Warner Bros tahun 2019 ini, kita tak akan menemukan sosok Batman sebagai seorang pahlawan yang biasanya dilengkapi oleh berbagai kendaraan dan senjata mahal dan supercanggih. Sosok Bruce Wayne, sebagai seorang anak borjuis kaya, Thomas Wayne memang ada, hanya saja di film ini si Bruce masih kanak-kanak, masih belum punya alasan untuk menjadi seorang vigilante.
Baru pada akhir film, dikisahkan bahwa kedua orang tuanya mati ditembak salah seorang perusuh bertopeng badut. Hal yang biasanya dalam komik dan film Batman, digambarkan sebagai penyebab Bruce Wayne memilih jalan sebagai seorang vigilante.
Karakter Joker, yang diperankan oleh Joaquin Phoenix ini, memang terlihat berbeda dari penggambaran berbagai karakter Joker dalam film dan komik DC sebelumnya. Ia digambarkan sebagai seorang yang mengalami kelainan mental, yaitu tidak bisa mengontrol ketawanya sendiri, akibatnya ia akan tertawa pada waktu-waktu yang seharusnya manusia pada umumnya tidak melakukannya.
Joker, yang bernama asli Arthur Fleck ini, sehari-harinya berprofesi sebagai seorang badut jalanan. Ia kerapkali dirisak oleh anak-anak berandalan, hal yang mengakibatkan penderitaan fisik dan psikis baginya. Ia juga dianggap sebagai komedian gagal, oleh Murray Franklin, seorang host dalam acara televisi Murray Show, karena tak bisa mengontrol tawanya, dan kesulitan ketika menyampaikan lelucon dalam stand-up comedy.
Pada dasarnya, Joker adalah korban dalam sistem penindasan manusia atas manusia, atau kapitalisme. Kebiasaan merisak manusia lain yang lebih lemah, merupakan bagian dari sistem kapitalisme yang eksploitatif dan penuh persaingan. Manusia selalu berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam sistem kapitalisme, karena biasanya para pemenang persaingan akan mendapatkan banyak uang dan kekuasaan.
Arthur Fleck alias Joker memilih berontak terhadap sistem kapitalisme, dengan cara menghabisi nyawa orang-orang merisaknya. Pemberontakannya dimulai dengan menembak mati tiga pengusaha Wayne Enterprises, yang sedang mabuk dan mencoba merisak Joker secara fisik dalam gerbong kereta api bawah tanah.
Korban Joker berikutnya adalah koleganya sesama badut jalanan, Randall, orang yang memberikan pistol padanya, nyawanya dihabisi oleh Joker dengan cara menghunjamkan gunting ke kepala dan lehernya. Orang terakhir yang dibunuh Joker, adalah Murray Franklin, yang menyudutkannya dengan berbagai pertanyaan dalam Murray Show, setelah ia mengakui bahwa pelaku pembunuhan terhadap tiga pengusaha mabuk dalam kereta bawah tanah, adalah dirinya.
Kerusuhan yang melumpuhkan kota Gotham tengah berlangsung saat itu. Hal yang dipicu oleh ucapan Thomas Wayne, yang mengutuk dan menganggap pelaku pembunuhan dalam kereta bawah tanah sebagai orang yang iri pada golongan orang yang sukses, atau golongan borjuis/pengusaha. Ia juga melabeli golongan orang yang iri ini, sebagai badut.
Pemberontakan individual Joker, yang diikuti oleh pemberontakan rakyat secara massif dalam wujud kerusuhan, sebagaimana digambarkan dalam film ini, pada dasarnya adalah sebuah mimpi dari kaum anarkis, untuk menghancurkan sistem penindasan manusia atas manusia.
Bagi kaum anarkis, khususnya Mikhail Bakunin, revolusi untuk mewujudkan masyarakat tanpa kelas, adalah dengan menghancurkan seluruh institusi penopang otoritas negara modern (Lihat tulisan Eddward S Kennedy, dalam situs tirto.id, yang berjudul “Para Pemikir Anarkisme, Siapa Saja Mereka?”, 5 Mei 2019).
Persoalannya kemudian, bagaimana bisa menghancurkan begitu saja sebuah negara kapitalis modern, yang sistemnya sudah sangat kuat, solid, dan terstruktur rapi? Epilog film “Joker”, sebenarnya kurang lebih menggambarkan realitas bahwa pemberontakan rakyat tanpa orientasi perebutan kekuasaan negara, hanyalah sebuah riak kecil belaka, yang bisa dengan mudah dipadamkan. Joker di akhir film, digambarkan berada di Rumah Sakit Jiwa cum Penjara, “Arkham Asylum”. Sementara, negara dan sistem kapitalisme, tetap tegak dan digdaya.
Hal ini pulalah, yang seharusnya dijadikan pelajaran oleh para demonstran, yang dalam beberapa minggu terakhir ini berdemonstrasi menolak berbagai kebijakan negara Indonesia, yang dibuat melalui persetujuan antara lembaga legislatif (Dewan Perwakilan Rakyat/DPR) dan eksekutif (Presiden dan Para Menteri), seperti Revisi UU KPK, RUU KUHP, dan lain-lain.
Yaitu bahwa, negara kapitalisme, yang dikuasai oleh para elit borjuis, akan selalu membuat kebijakan, yang menguntungkan golongan mereka saja. Bahkan konsesi yang seharusnya bisa menenangkan protes rakyat, seperti Perppu KPK untuk membatalkan UU KPK revisi pun tak dikeluarkan oleh Presiden. Terakhir bahkan, demonstrasi pun dilarang dan dibatasi pada saat pelantikan presiden dan wakil presiden.
Karena itulah, para demonstran yang benar-benar ingin mengubah keadaan, seharusnya sadar bahwa demonstrasi saja tak akan membuat negara borjuis prokapitalis berubah menjadi negara prorakyat. Kekuasaan negara harus direbut, jika ingin mengubahnya.
Kongkritnya, kita bisa mencontoh pada gerakan mahasiswa 1998, yang berhasil menduduki gedung DPR/MPR. Hanya saja karena saat itu mereka hanya berorientasi menjatuhkan Presiden Soeharto, maka setelah Soeharto mundur, gedung DPR/MPR mereka tinggalkan begitu saja, untuk tetap dikuasai oleh elit-elit politik borjuis. Akibatnya, sistem ekonomi politik Orde Baru yang kapitalis tetap langgeng dan bahkan semakin kuat di era pemerintahan yang sekarang ini.
Pertanyaan terakhir, apakah para demonstran yang berdemonstrasi akhir-akhir ini ingin mengubah negara Indonesia menjadi lebih prorakyat atau tidak? Kalau iya, maka organisasikanlah diri kalian, karena perlawanan yang tak terorganisir, tak akan mengubah apa-apa.
Jika organisasi perlawanan sudah solid, maka rebutlah kekuasaan negara, jangan lagi percayakan negara pada para elit yang tak membela kepentingan rakyat. Pembentukan unit pertahanan diri, guna melindungi para demonstran dalam berdemonstrasi juga patut dipertimbangkan. Belajar dari gerakan mahasiswa Korea Selatan dan Hongkong, yang berhasil mempertahankan diri dari represifitas negara borjuis.
Akhir kata, sebuah gerakan moral, selayaknya koboi yang menembaki para bandit di film-film Hollywood, tak akan mengubah keadaan secara permanen. Bandit-bandit akan selalu muncul kembali, jika sistem yang memungkinkan kemunculan mereka, tidak diubah. Untuk itulah, sebuah perubahan harus melalui sebuah gerakan politik kongkrit, yang tidak hanya memerangi para bandit, akan tetapi mengubah kota dan negara menjadi tempat yang tak mungkin lagi menjadi tempat hidup para bandit.