Kamis, Juni 20, 2024

Sistem Pengendalian Manajemen PT Kereta Api Indonesia

Lidia Wati Sinaga
Lidia Wati Sinaga
Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang

Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dari waktu ke waktu karena perusahaan harus lebih profesional dalam operasi mereka. Daya saing dan kelangsungan hidup perusahaan dalam dunia bisnis harus ditingkatkan.

Pengendalian diperlukan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Ini memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh organisasi. Untuk menjaga kelangsungan bisnis, bisnis harus beroperasi secara efisien dan efektif. Efisiensi adalah dasar kesuksesan. Adanya sistem pengendalian administrasi mendukung efektifitas dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan.

Sistem pengendalian diperlukan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa telah menerapkan strategi secara efektif dan efisien. Dengan menerapkan sistem pengendalian manajemen di perusahaan, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, memungkinkan manajer untuk membantu meng koordinasikan perencanaan dan pengambilan keputusan perusahaan.

Namun tentunya setiap perusahaan memiliki sistem pengendalian yang berbeda. Namun, semakin baik sistem pengendalian manajemen perusahaan, semakin cepat pula perusahaan tersebut berkembang. Namun jika sistem manajemen perusahaan tidak baik, maka perusahaan tidak dapat maju dan bersaing dengan perusahaan lain. Hal yang sama berlaku untuk PT. Kereta Api Indonesia.

Struktur sistem pengendalian manajemen yang terdapat di perusahaan Kereta Api Indonesia (Persero) menunjukkan batas tanggung jawab, wewenang dan uraian tugas yang jelas, serta hubungan antar departemen dalam organisasi.

Bagan organisasi merupakan salah satu syarat tanggung jawab akuntansi. Ini memberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab posisi yang dipegang individu dalam organisasi, hubungan mereka dengan anggota organisasi lainnya, dan pelaporan yang mereka ikuti. Dari struktur organisasi terlihat bahwa perusahaan secara jelas menetapkan bahwa peran dan tanggung jawabnya sudah sesuai.

Sistem pengendalian manajemen pada PT Kereta Api Indonesia terdiri dari perencanaan strategi, penyusunan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja. Peranan sistem pengendalian manajemen pada PT Kereta Api Indonesia ditujukan dengan diperolehnya keterandalan dan integritas informasi, serta pencapaian kegiatan yang ekonomis.

Lidia Wati Sinaga
Lidia Wati Sinaga
Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.