OUR NETWORK
Minggu, Januari 29, 2023

Pembalakan Hutan di Taman Nasional Way Kambas

Hendy Wijaya
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
From Korea With Love Concert

Hutan merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia untuk keberlangsungan hidup yang harus disyukuri. Kita harus senantiasa bersyukur terhadap hutan yang telah diberikan oleh Tuhan, sebagai tanda bersyukur kita dapat melakukan berbagai cara, antara lain cara yang dapat kita lakukan adalah menjaga kelestarian hutan.

Kelestarian hutan kita harus tetap menjaga agar bukan hanya kita yang dapat menikmati dari lestarinya hutan yang ada disekitar kita, tetapi generasi-generasi selanjutnya dapat menikmati hasil dari lestarinya hutan. Hutan bukan hanya penting untuk manusia, tetapi hutan juga merupakan hal yang sangat penting untuk mahluk yang hidup didalam ekosistem didalam hutan tersebut.

Hutan yang memberikan manfaat terhadap banyak mahluk hidup harus kita jaga kelestariannya agar terus dapat memberikan manfaat terhadap mahluk hidup disekitarnya. Indonesia sebagai negara dengan sumber daya alam yang kaya dan terdapat hutan yang tersebar luas di berbagai daerah.

Hutan merupakan hal penting bagi kehidupan mahluk hidup, hutan telah menyediakan segalanya untuk mendukung kehidupan mahluk hidup. Manusia tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan hidup dikarenakan manusia sangat bergantung dengan alam. Manusia yang sangat bergantung dengan alam seharusnya menjaga kelestarian alam agar terus bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya.

Tidak semua manusia mempunyai keinginan untuk melestarikan alam tetapi terdapat manusia yang melakukan kejahatan lingkungan yang dimana sebagian besar kejahatan tersebut dilakukan di area perhutanan.

Hutan sebagai hal yang esensial kini dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan mereka sendiri tanpa memikirkan efek yang akan ditimbulkan dalam jangka panjang. Indonesia memiliki hutan yang sangat luas dan tersebar di banyak daerah sehingga mengundang banyak orang dengan pikiran licik untuk memanfaatkan hutan dengan berbagai cara salah satunya ialah menebang hutan secara ilegal yang dimana para orang tidak bertanggung jawab ini menebang hutan secara besar-besaran tanpa ada izin dari pihak terkait.

Para pelaku penebang hutan ini melakukan penebangan hutan secara besar-besaran tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan dalam jangka panjang. penebangan liar ini kerap terjadi dikarenakan banyak hal, salah satu alasan mengapa penebangan liar ini terjadi karena kepentingan ekonomi. Para pelaku penebang liar menginginkan mendapatkan banyak keuntungnan dari hasil penebangan liar yang mereka lakukan.

Kerusakan Hutan Indonesia sudah meluas, banyak hutan yang telah dieksploitasi oleh banyak oknum. Oknum-oknum ini merusak hutan dengan cara penebangan liar, penebangan liar adalah cara untuk merusak hutan dengan menebang pohon, pengangkutan dan penjualan kayu secara ilegal yang dimana mereka tidak mempunyai izin dari pihak yang terkait.

Hutan Taman Nasional Way Kambas memiliki wilayah yang cukup luas. Wilayahnya yang luas ini sehingga terdapat celah yang dimanfaatkan oleh banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penjarahan di wilayah hutan taman nasional yang dilindungi.

Para oknum penjarah ini melakukan hal tersebut demi kesehajteraan mereka sendiri tanpa memikirkan efek yang timbul pada di masa depan. Pelaku Pembalakan liar disekitar Taman nasional Way Kambas sendiri merupakan masyarakat yang tinggal disekitarnya. Seperti dalam beberapa kasus yang terjadi di sekitar Taman Nasional Way Kambas, para oknum penebangan tertangkap basah dengan bukti yang terdapat di lapangan dan ketika mereka diperiksa, mereka tidak memiliki izin Surat Angkut Kayu Olahan (SAKO) dan barang bukti yang dapat diamankan oleh petugas yang terkait antara lain kayu yang berhasil mereka curi beserta alat yang digunakan para pelaku untuk melakukan penebangan secara ilegal.

Sebagai masyarakat yang setiap harinya mendapatkan hal positif dari hasil hutan setiap harinya berupa oksigen yang dihasilkan oleh hutan, sudah seharusnya kita harus menjaga lingkungan kita tetap lestari agar dapat dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan alam kita yang senantiasa manfaatnya kita dapat rasakan setiap hari. Pemerintah dapat melakukan berbagai upaya cara untuk berpartisipasi dalam masalah lingkungan.

Pemerintah dapat melakukan kegiatan seperti sosialisasi ke masyarakat yang hidup disekitar lingkungan Taman Nasional Way Kambas bahwa seberapa penting untuk kita menjaga kelestarian hutan kita. Pemerintah juga dapat melakukan banyak acara dan menarik perhatian masyarakat antara lain dengan membuat agenda acara menanam pohon secara masal yang diikuti oleh masyarakat sekitar sehingga menyadarkan dan membuat tertarik masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan kita untuk masa depan.

Hendy Wijaya
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.