Realitas pandemi telah memberikan dampak signifikan pada sektor pendidikan, hal ini merupakan problematika penting yang sepatutnya dapat dicari solusinya. Tidak sekedar memberikan kebijakan-kebijakan darurat selama masa pandemi, seperti metode pembelajaran jarak jauh, yang dirasa kurang adil bagi anak-anak dipedesaan.
Keberpihakan dalam teknologi dan informasi bagi anak-anak pedesaan sebaiknya difasilitasi dalam berbagai sarana dan prasarana pendukungnya. Bukan sekedar memaksakan penerapan pembelajaran berbasis digital. Dalam aspek ekonomi, tentu hal ini menjadi kontras, tatkala upaya digitalisasi pendidikan tidak selaras dengan kondisi ekonomi.
Kita tidak dapat melihat keberhasilan pendidikan hanya dalam locus kota-kota besar semata. Sedangkan, dilain tempat yang terkendala akses, rata-rata memiliki cita-cita besar dalam upaya membangun generasi bangsanya. Ya, cita-cita yang karap terlontar dari anak-anak di pedesaan. Sepatutnya tidak dikubur bersama problematika sosial lainnya.
Tatkala seorang keluarga di pedesaan mengeluhkan adanya fasilitas penunjang pendidikan, dengan keterbatasan ekonomi. Tentu hal ini dapat menjadi ruang permasalahan baru, yang tidak dapat diurai penyelesaiannya. Ketahanan ekonomi masyarakat pedesaan dapat dikatakan belum siap dalam menghadapi era digitalisasi, khususnya dalam hal pendidikan.
Tentu hal ini adalah tugas kita bersama dalam mengurai persoalan pendidikan baik pada masa pandemi atau pasca pandemi nanti. Ketahanan pendidikan sudah sebaiknya disikapi dengan memberikan ruang-ruang baca ramah anak, yang tidak mengharuskan adanya fasilitas digital saat ini.
Kita tidak bisa menunggu, akan hadirnya segala macam sarana dan prasarana serta ketahanan ekonomi warga dalam upaya ini. Pengadaan fasilitas berbasis edukasi yang sekiranya dapat direalisasikan kini, tentu akan lebih baik guna menghadapi learning loss.
Berbagai kebijakan publik minimal mampu memberi ruang bagi kebutuhan anak-anak di berbagai pelosok pedesaan. Tidak lain untuk kepentingan bersama bangsa ini, demi generasi yang akan datang. Pengadaan rumah-rumah baca di pelosok desa adalah kunci keberhasilan dari pendidikan yang berkeadilan saat ini.