OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Sabtu, Desember 10, 2022
From Korea With Love Concert

Fakta “Kisah Rusdi, Aremania yang ‘Terpasung’ di Kanjuruhan

Tiara Azzahra
Mahasiswa di universitas negri semarang
From Korea With Love Concert

Pasca kejadian yang terjadi pada terjadi pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 seusai pertandingan bertajuk Derbi Jawa Timur, Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa 4 Oktober 2022 tersebut menewaskan sebanyak 131 orang.

Ilustrasi dari penulis

Setelah hal tersebut terjadi banyak orang-orang tidak bertanggungjawab yang sengaja memanfaatkan momen dari kejadian tersebut, salah satu contohnya yang berhasil merebut simpati dari khalayak luas adalah Rusdi, seorang Aremania yang menolak pulang dari Stadion Kanjuruhan karena menunggu tiga temannya yang meninggal.

Rusdi sendiri berhasil  keluar dari stadion namun naasnya ia tidak berhasil berkumpul dengan tiga temannya, Ia juga tak mengetahui bahwa temannya sudah diangkut dan tak berada lagi disana, mereka sudah tidak bernyawa.

Tanpa berbekal baju ganti dan uang berlebih, Rusdi menolak pulang dan memilih bermalam di Stadion Kanjuruhan. Rusdi sendiri bisa tidur dimana saja, seperti didepan pintu utama stadion, dekat patung kepala singa, maupun bangku-bangku taman. Dan ketika siang Ia menyusuri sudut-sudut Kanjuruhan, berharap temannya muncul. Sontak hal tersebut mendapatkan perhatian lebih dari netizen Indonesia, akhirnya setelah sebelas hari bertahan di Kanjuruhan, pada Rabu 12 November 2022 malam, Rusdi akhirnya berhasil dibujuk pulang oleh Porong, seorang Aremania asal Gondanglegi, Malang.

Di sana keadaan Rusdi membaik dan ia mulai pulih namun masih trauma dan kondisi mentalnya belum stabil. Untuk lebih lanjutnya pemulihan dilaksanakan di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang pada hari Kamis (13/10).

Di sana, Rusdi bertemu dengan keluarganya dan kepala desa dari Probolinggo yang datang untuk menjemputnya dengan diantarkan oleh teman-teman Aremania.

Namun setelah melakukan penelusuran dan update terkait informasi di atas, ditemukan fakta bahwa Rusdi sebetulnya hanya berpura-pura untuk melakukan prank, hal tersebut merupakan karangan Rusdi agar bisa menarik simpatik dan mendapatkan banyak keuntungan dari para Aremania.

Portal berita ERA sendiri mencoba untuk mengonfirmasi kepada supporter Aremania, Porong yang ikut mengantar Rusdi ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Source

https://era.id/khas-era/106520/kisah-rusdi-aremania-yang-terpasung-di-kanjuruhan

https://era.id/daerah/106698/selamat-kita-kena-prank-rusdi-pemuda-asal-probolinggo-yang-nginep-11-hari-di-stadion-kanjuruhan

Tiara Azzahra
Mahasiswa di universitas negri semarang
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.