OUR NETWORK
Jumat, Juni 25, 2021

Definisi Agama Radikal

Hasanudin Abdurakhman
Penulis dan pekerja profesional.

Dalam sebuah diskusi saya ditanya,”Apa definisi beragama radikal itu?”

Definisi saya adalah beragama dengan menganggap umat lain sebagai saingan, atau bahkan musuh. Baik sekadar bersaing dalam berebut pengikut, berebut pengaruh, juga berebut peran dalam negara. Ditambah, adanya keinginan memaksakan ajaran, kebiasaan, tata cara hidup berdasar ajaran agama kepada pihak lain, memaksakan agar aturan agama menjadi aturan negara yang berlaku juga untuk umat lain.

Beragama seharusnya adalah kebutuhan pribadi. Silakan beragama secara individu maupun kolektif. Apapun yang Anda lakukan, itu untuk Anda, berbasis pada keyakinan Anda. Sadarilah bahwa ada orang lain yang juga punya keyakinan. Anda tak suka kalau dipaksa mengikuti keyakinan orang lain. Demikian pula, orang lain tak suka dipaksa mengikuti keyakinan Anda.

Dalam keyakinan Anda mungkin ada ajaran untuk membuat pihak lain tunduk pada kekuasaan Anda. Atau ada ajaran agar Anda merebut kekuasaan negara, agar agama Anda bisa punya kekuatan untuk mendominasi umat lain.

Ajaran agama Anda mungkin memerlukan fungsi negara dalam menegakkannya. Tapi sadarilah bahwa keadaan sudah berubah. Tak semua yang ada di kitab suci Anda bisa diterapkan sekarang. Kalau diterapkan, akan bertentangan dengan semangat berdirinya NKRI.

Sadarilah bahwa zaman sudah berubah. Ini bukan lagi zaman ketika bangsa-bangsa bebas menggunakan kekuatan senjata untuk menaklukkan pihak lain, dengan memakai agama sebagai motivatornya. Kalau ada ajaran agama yang menyuruh untuk melakukan penaklukan, ajaran itu harus ditinggalkan.

Dalam NKRI ini kita tidak bersaing. Kita bersaudara, saling mendukung dan menguatkan.

Hasanudin Abdurakhman
Penulis dan pekerja profesional.
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.