Tantangan hukum dan peraturan yang dihadapi industri penerbangan cukup berat karena dinamika yang berubah dengan cepat. Dari munculnya teknologi baru hingga perubahan persepsi publik dan perubahan iklim, eksplorasi masalah-masalah kritis industri menjadi penting dalam rangka, menyoroti risiko dan peluang utama bagi pemangku kepentingan industri.
Setelah uji terbang taksi udara (volocopter air taxi) pertama di dunia di lingkungan perkotaan di Singapura pada 22 oktober 2019, ada banyak harapan seputar masa depan industri mobilitas udara perkotaan (Urban Air Mobility/ UAM) yang masih baru ini.
Para pengamat mengantisipasi bahwa kendaraan Vertical Take-off and Landing (VTOL) akan menjadi pemandangan umum di cakrawala perkotaan dalam beberapa tahun ke depan.
Seperti halnya teknologi baru, ada banyak masalah yang belum terselesaikan dengan UAM yang menimbulkan tantangan hukum dan peraturan yang menyentuh sebagian besar aspek penerbangan, terutama bidang kontrol/ manajemen lalu lintas udara serta standar dan sertifikasi penerbangan. Bidang lain yang menjadi perhatian juga mencakup kebijakan lingkungan (kebisingan dan emisi), penggunaan publik, penggunaan lahan untuk vertiport/ terminal, dan pengaturan kewajiban/asuransi.
Pasar UAM saat ini masih dalam masa pertumbuhan, dengan komersialisasi pertama diharapkan pada tahun 2023 terutama Post-Covid-19 pada saat industry restart. Namun, berdasarkan laporan Urban Air Mobility Market yang dipublikasikan pada Agustus 2020, proyeksi pertumbuhannya signifikan; pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 16,2% pada tahun 2030, dengan perkiraan nilai global sebesar US$3,1 miliar pada tahun 2023, meningkat menjadi US$7,9 miliar pada tahun 2030.
Perkembangan bisnis sebagaimana dipertunjukkan oleh Uber Air telah menarik perhatian publik sejauh ini, bukan hanya itu, bahkan entitas penerbangan besar, dari Airbus hingga NASA, memiliki desain UAM dan VTOL sebagai inti dari rencana masa depan mereka.
UAM & VTOL
UAM adalah istilah industri yang digunakan untuk menggambarkan sistem yang memungkinkan layanan transportasi udara berdasarkan permintaan, sangat otomatis, penumpang atau kargo di dalam dan di sekitar lingkungan metropolitan, biasanya di wilayah udara dengan ketinggian rendah.
Kendaraan VTOL atau Electric Vertical Take-off and Landing ( eVTOL ) adalah pesawat yang paling cocok untuk melayani perkembangan industri UAM. VTOL, seperti namanya, mengacu pada pesawat yang bisa lepas landas, melayang, dan mendarat secara vertikal. Meskipun dapat mencakup jenis pesawat tradisional, seperti helikopter, generasi baru VTOL sedang dikembangkan untuk melayani kebutuhan pasar UAM yang diantisipasi.
Seiring urbanisasi, ledakan populasi, dan pertumbuhan kota-kota besar yang terus berlanjut, pemerintah dan pelaku usaha harus terus mengatasi tantangan infrastruktur.
VTOL menawarkan solusi potensial untuk masalah kemacetan perkotaan, dimana VTOL ini diharapkan meminimalkan masalah atas kebutuhan akan berlalu-lintas dan, dalam banyak kasus, mengurangi kebutuhan moda transportasi lain untuk memindahkan penumpang dari landasan pacu airport ke tujuan akhir mereka.
VTOL juga menawarkan transportasi point-to-point yang lebih langsung dan, tidak diragukan lagi, penggunaannya yang paling menarik adalah untuk taksi udara perkotaan dan pengiriman kargo jarak jauh.
Tantangan VTOL
Perkembangan pasar UAM menyoroti tantangan regulasi dan sertifikasi yang harus ditangani untuk membawa transportasi UAM ke penggunaan konsumen arus utama.
Seperti halnya teknologi penerbangan baru, masalah regulasi yang harus dipertimbangkan sangat banyak dan kompleks. Dua yang paling signifikan dari perspektif operasional adalah:
- Manajemen ruang udara:
Mempertahankan ruang udara yang semakin beragam sambil menjaga semua lalu lintas udara bergerak dengan selamat, aman dan efisien akan menjadi tantangan yang signifikan.
Pengaktif utama untuk masa depan UAM dan VTOL adalah sistem manajemen lalu lintas pesawat tak berawak (Unmanned Aircraft Vehicles – Traffic Management/ UTM), yang perlu bekerja bersama dengan Pemanduan Lalu Lintas Udara (Air Traffic Control/ ATC) yang ada. Teknologi UTM untuk pasar UAM masih dalam tahap perkembangan dan otoritas penerbangan sipil nasional kemungkinan tidak akan menetapkan panduan ATC sampai teknologi tersebut siap untuk diterapkan secara penuh.
Dalam jangka pendek, ini berarti bahwa izin untuk operasi VTOL akan diterbitkan per penerbangan dan, setidaknya pada awalnya, akan membatasi kapasitas dan potensi pertumbuhan industri.
- Sertifikasi:
Pertanyaan yang sering muncul di wilayah publik adalah bagaimana regulator dan pembuat kebijakan mengesahkan kelas pesawat yang sama sekali baru menggunakan kerangka peraturan yang dikembangkan untuk pesawat sayap tetap dan rotorcraft tradisional.
Banyak regulator nasional masih bergulat dengan tugas menyediakan lingkungan regulasi untuk pesawat udara tak berawak (Unmanned Aircraft Vehicle/ UAV) kecil tanpa muatan atau penumpang. VTOL berpotensi menambahkan kedua kompleksitas ini ke jenis pesawat yang hadir dalam format berawak dan tak berawak. Namun, ada perkembangan yang menjanjikan baru-baru ini di Eropa di bidang sertifikasi.
Belajar dari Eropa
Badan Penerbangan dan Antariksa Eropa (European Aviation and Space Agency/ EASA) telah mempelopori sertifikasi VTOL melalui penerbitan Special Condition 6 pada 2 Juli 2019. Dalam pembukaan Ketentuan Khusus, EASA secara ringkas merangkum masalah yang dihadapi banyak otoritas sertifikasi saat ini ketika mencoba merancang peraturan sertifikasi tipe: “[VTOL memiliki] karakteristik desain pesawat terbang, rotorcraft atau keduanya” yang berarti bahwa EASA “tidak dapat mengklasifikasikan kendaraan baru ini sebagai pesawat konvensional atau rotorcraft seperti yang dicakup oleh spesifikasi sertifikasi yang ada ”.
Terlepas dari tantangannya, EASA telah mengembangkan persyaratan sertifikasi, yang berlaku untuk “VTOL kecil” dengan “kondisi khusus” yang berlaku untuk: (1) pesawat dengan konfigurasi tempat duduk penumpang 9 atau kurang; dan (2) massa lepas landas bersertifikat maksimum hingga 3175 kg.
Proposal VTOL EASA adalah langkah pertama dalam proses yang akan memungkinkan kerangka peraturan untuk operasi yang aman dan sertifikasi pesawat VTOL di Eropa.
Di Negara lain, Administrasi Penerbangan Sipil China (Civil Aviation Administration of China/ CAAC) mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan panduan tentang sertifikasi kelaikan udara kendaraan udara tak berawak setelah berkonsultasi dengan lima produsen VTOL China. Sejauh mana peraturan CAAC juga akan mencakup operasi VTOL berawak masih dalam pertimbangan.
Implikasi legal
Masalah hukum seputar UAM dan VTOL sangat banyak, diantara termasuk:
- Alokasi risiko dan tanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan;
- Pengaturan kontrak dengan pengguna akhir (yaitu penumpang atau pengirim barang);
- Batas asuransi wajib untuk memastikan perlindungan publik yang memadai;
- Keamanan siber dan keamanan fisik karena kedekatan operasi yang lebih dekat dengan pelaku yang berpotensi jahat;
- Hukum lingkungan yang berlaku untuk kebisingan dan penggunaan lahan; dan,
- Tanggung jawab untuk inspeksi VTOL tak berawak sebelum penerbangan (seperti yang dilakukan saat ini untuk pesawat berawak)
Meskipun tidak mungkin untuk mempertimbangkan semua potensi masalah hukum dalam tulisan ini, analisa lebih mendalam terhadap potensi eksposur kewajiban dan pengelolaan eksposur tersebut memerlukan pertimbangan-pertimbangan lebih lanjut.
Eksposur liability
Rezim kewajiban (liability) untuk pengangkutan penumpang dan kargo di atas pesawat sipil berawak telah berkembang sejak awal penerbangan komersial pada tahun 1920-an. Upaya internasional telah mengarah pada pengembangan rezim hukum yang diakui, seperti Konvensi Warsawa 1929 dan Konvensi Montreal 1999, dengan prinsip-prinsip dari kedua konvensi secara teratur dimasukkan ke dalam undang-undang nasional mengenai pengangkutan domestik.
Meskipun diperdebatkan, rezim liability saat ini untuk pesawat penumpang dapat diberlakukan juga untuk penumpang bertiket yang mengambil penerbangan dengan VTOL. Meskipun demikian, kerangka kerja tradisional mungkin belum tentu cocok untuk tujuan layanan berdasarkan permintaan/penerbangan yang menggunakan Uber Air, misalnya. Model bisnis ini yang kemudian kemungkinan besar akan digunakan oleh sebagian besar penyedia UAM .
Eksposur liability operator dapat menjadi signifikan jika terjadi kecelakaan di lingkungan perkotaan yang sibuk, karena berpotensi menyebabkan cedera tidak hanya pada penumpang tetapi juga individu di tanah atau di gedung terdekat. Setiap skenario kecelakaan potensial lebih cenderung menyerupai kecelakaan mobil atau kendaraan darat (walaupun mungkin lebih catastrophic) daripada kecelakaan pesawat berawak.
Untuk memfasilitasi penerbangan yang aman dan mengurangi hambatan masyarakat yang bepergian untuk tujuan adopsi, otoritas penerbangan sipil nasional perlu mempertimbangkan apakah undang-undang yang ada sesuai dengan tujuan atau apakah rezim kewajiban hukum baru diperlukan untuk secara khusus menangani eksposur risiko unik dari penerbangan perkotaan bervolume tinggi. Jika otoritas penerbangan sipil nasional benar-benar ingin menumbuhkan lingkungan yang aman di mana industri UAM dapat berkembang, sambil juga menjaga kepercayaan dan keamanan publik, perlu dipertimbangkan opsi terakhir tadi.
Manajemen risiko: Kontrak dan asuransi
Meskipun diyakini tidak akan ada kekurangan perusahaan asuransi yang bersedia memberikan perlindungan untuk perusahaan taksi terbang dan operator VTOL lainnya, kemungkinan teknologi ini akan menimbulkan gangguan yang signifikan terhadap model asuransi saat ini untuk individu, operator, dan perusahaan asuransi.
Cakupan kerusakan dan fisik cenderung mirip dengan cakupan penerbangan berawak yang ada, skenario liability akan berubah karena diperkirakan VTOL akan lebih banyak terbang melintas di atas daerah padat penduduk perkotaan daripada bentuk pesawat berawak yang selama ini ada.
Ada kemungkinan bahwa setiap undang-undang baru yang dibuat untuk mengatur eksposur liability akan menangani persyaratan asuransi minimum, sehingga mengharuskan perusahaan asuransi untuk berinovasi untuk menyediakan produk yang memuaskan yang menguntungkan pemangku kepentingan industri.
Pelajaran baru-baru ini yang dipelajari oleh komunitas asuransi dari perkembangan di pasar UAV/drone telah menunjukkan bahwa pemahaman kebijakan tradisional mungkin tidak sesuai untuk tujuan dalam mengasuransikan teknologi baru, seperti VTOL, dan pemahaman kebijakan asuransi baru akan perlu dikembangkan.
Produsen dan operator juga perlu mempertimbangkan bagaimana membagi tanggung jawab di antara mereka sendiri, serta risiko yang bersedia mereka berikan kepada pengguna akhir melalui pengaturan kontrak dan/atau tiket mereka. Keseimbangan yang cermat perlu dicapai karena setiap upaya untuk mengalihkan risiko ke pengguna akhir dengan memanfaatkan kata ganti rugi dan kewajiban yang kuat untuk melindungi operator dapat secara signifikan merusak kepercayaan pada industri.
Way Forward
Banyak administrator kota telah menempatkan kebijakan kota pintar (smart city) sebagai bagian penting dari rencana mereka, dengan UAM sebagai komponen inti.
Sementara skala waktu untuk penyebaran penuh tidak pasti dan banyak hambatan masih menunggu dari perspektif peraturan dan hukum, UAM dan VTOL tidak diragukan lagi memiliki peran dalam pengembangan lingkungan perkotaan di masa depan.
Agar teknologi yang mengubah dinamika ini benar-benar muncul, penting bagi semua pemangku kepentingan industri bersama-sama dengan pemerintah dan regulator untuk menyediakan kerangka hukum dan peraturan yang menarik sehingga memungkinkan teknologi berkembang di lingkungan industri yang selamat, aman, berkelanjutan dan ramah lingkungan.