Jumat, Maret 29, 2024

Menhan: Ospek Kampus Akan Diisi Materi Bela Negara

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/foc/17.

Jakarta, 26/7 – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) akan diisi dengan materi Bela Negara untuk membangun perilaku Cinta Tanah Air pada mahasiswa.

“Perguruan tinggi tidak hanya berperan membentuk generasi yang berkualitas dalam hal intelektual, tetapi juga generasi yang mampu menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara,” kata Ryamizard saat memberikan pembekalan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) kepada Rektor dan Koordinator Kopertis di Kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu.

Terkait dengan peran itu, ia menilai keterpaduan kegiatan ospek dengan PKBN di perguruan tinggi, menjadi langkah strategis bagi mahasiswa agar tidak hanya memahami lingkungan kampus saja. Namun, juga memiliki daya juang tinggi dan karakter kuat dalam menjaga kesatuan dan persatuan.

“Saat ini, ospek masih banyak diisi dengan materi-materi yang kurang memberikan dampak besar terhadap kehidupan mahasiswa ke depannya. Oleh karena itu, mental taat hukum, disiplin, dan rela berkorban kita masukkan agar kelak mereka ikut menjaga negara,” jelas dia.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini juga menambahkan bahwa ajaran untuk setia pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 bakal dihadirkan pula dalam kegiatan ospek.

“Berbekal nilai-nilai tersebut para mahasiswa diharapkan mampu membentengi diri dari berbagai pengaruh yang berpotensi menjadi ancaman bagi dirinya, lingkungannya, hingga bangsanya. Dengan demikian, para intelektual muda juga akan menjadi ‘role model’ bagi generasi muda di Indonesia maupun dunia,” kata dia.

Menhan berharap penerapan PKBN di perguruan tinggi ini juga kelak dilaksanakan para mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga dampak positif yang dirasakan tidak hanya di lingkungan kampus saja.

“Itulah sebabnya Bela Negara ini harus dilaksanakan setiap tahun bagi mahasiswa baru, dan tidak menutup kemungkinan juga diterapkan kepada mahasiswa secara keseluruhan,” tambah dia.

Sementara itu, Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan Laksamana Pertama TNI Muhammad Faisal menuturkan program untuk membangkitkan cinta terhadap Tanah Air ini akan mulai digelar di perguruan tinggi pada 2017, dalam kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru.

“Dalam pelaksanaanya para rektor dan pihak kampus dapat berkoordinasi dengan institusi terkait di daerah-daerah, di antaranya ada Pemda, Polri, TNI, dan lembaga di bawah Kemenhan,” ujar dia.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.